Perbedaan Hadits Qudsi Dengan Al-Qur’an, Ini Yang Harus Dipahami

 

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya suka mendengar ustadz atau penceramah menyebutkan istilah hadis Qudsi. Apa sebenarnya hadis Qudsi itu, dan apa perbedaan antara hadis Qudsi dengan Al-Qur’an? . Apakah jumlahnya sama dengan Al Quran? Mohon penjelasannya. Terima kasih . ( Bagja via fb )

 

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Menurut para ahli hadits, yang disebut dengan hadtis Qudsi adalah setiap ucapan Rasulullah Saw. yang disandarkan kepada Allah Swt. Karena itu, hadis Qudsi sering diawali dengan kalimat “… dari Rasulullah Saw. dari hadis yang beliau riwayatkan dari Tuhannya, …” atau “Rasulullah Saw. bersabda, Allah swt berfirman, …”

 

 

 

Berikut ini salah satu contohnya, Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., sesungguhnya Rasulullah Saw. bersabda, Allah Swt. berfirman, “Aku adalah menurut persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku bersamanya ketika ia menyebut-Ku. Jika ia menyebut-Ku dalam dirinya, Aku menyebutnya dalam diri-Ku. Ketika ia menyebut-Ku di tengah-tengah sekelompok orang, Aku menyebutnya di tengahtengah kelompok yang lebih baik dari mereka (kelompok malaikat).” ( H.R. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

 

 

 

Sementara terkait jumlahnya menurut para peneliti khususnya ulama hadits, hadits Qudsi ini jumlahnya relatif sedikit. Seorang ulama syaikh Muhammad al-Madani menyebutkan jumlahnya sebanyak 863 hadits saja. Ini tidak sebanyak Al Quran.

 

 

 

Malah menurut Lembaga Penelitian Al-Qur’an dan Hadits DewanTinggi Agama Islam Mesir, menyebutkan bahwa sebenarnya jumlah hadits Qudsi hanya ada 400 hadits, yang dihimpun dari Kutubus Sittah. Ini menunjukkan bahwa setiap peneliti punya cara penghitungan yang berbeda, sehingga secara nominal jumlahnya berbeda pula.

 

 

Dengan demikian dari beberapa hasil penelitian, oleh para ahli atau ulama hadits yang kita bisa membuat kisaran jumlah hadis Qudsi, yaitu sekira 400 hingga 800 hadits saja.

 

 

Kemudian secara umum terdapat perbedaan mendasar antara Al-Qur’an dan Hadis Qudsi. Beberapa perbedaan itu yaitu:

  1. Kandungan isi (content) dan redaksional Al-Qur’an merupakan firman Allah Swt., sehingga satu huruf pun tidak diubah oleh Rasulullah Saw. saat menyampaikannya kepada para sahabat atau umatnya, sedangkan hadis Qudsi kandungan isi (content) dari Allah sementara redaksionalnya dari Nabi Saw.
  2. Dalam Al-Qur’an dikenal istilah surat dan ayat, sementara dalam hadis Qudsi tidak dikenal istilah tersebut.
  3. Ayat Al-Qur’an bisa digunakan sebagai bacaan surat dalam shalat, sedangkan hadis Qudsi tidak boleh dijadikan bacaan surat dalam shalat.
  4. Al-Qur’an itu pasti sahih karena diriwayatkan secara mutawatir, sementara hadis Qudsi ada yang shahih dan ada pula yang dlaif bergantung pada bagaimana kualitas para perawinya.

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu A’lam bishshawab. [ ]

 

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 111 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment