Keutamaan Ilmu dan Orang Yang Mempelajarinya

0
225

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu khususnya dienul Islam atau tafaqquh fiddin .  Dalam haditsnya, Rasulullah Saw bersabda,

 

iklan

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

 

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913)

 

Lalu apa saja keistimewaan ilmu atau orang yang mempunyai ilmu dalam pandangan Islam?. Berikut ini keutamaan tersebut:

 

  1. Ilmu Adalah Cahaya

 

Dalam Al Quran, Allah Swt  berfirman:

 

قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلَامِ وَيُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

 

Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan . Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS.Al-Maidah 15- 16)

 

2. Ilmu Merupakan Tanda Kebaikan Seorang Hamba

 

Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah Saw,

 

من يُرِدْ الله بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ في الدِّينِ

 

Siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepada seorang hamba maka Ia akan difahamkan tentang agamanya.” (Muttafaq Alaihi dari Muawiyah bin Abi Sufyan Radhiallahu anhuma)

 

3.  Ilmu Dapat Menyelamatkan Dari Azab Allah

 

Dalam haditsnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

 

إِنَّ الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ ما فيها إلا ذِكْرُ اللَّهِ وما وَالَاهُ وَعَالِمٌ أو مُتَعَلِّمٌ

 

Sesungguhnya dunia itu terlaknat, terlaknat segala isinya, kecuali zikir kepada Allah dan amalan- amalan ketaatan, demikian pula seorang yang alim atau yang belajar.” ( HR.Tirmidzi, Ibnu Majah. Dalam Shohihul Jami’ syaikh Albani mengatakan hadits ini hasan )

 

4. Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga

 

Tentu ini menjadi kabar gembira bagi setiap pencari ilmu khususnya kaum muslimin. Dalam haditsnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

 

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فيه عِلْمًا سَهَّلَ الله له بِهِ طَرِيقًا إلى الجنة

 

Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR.Muslim:2699)

 

 

5. Ilmu Lebih Utama Dari Ibadah

 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

 

وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ على الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ على سَائِرِ الْكَوَاكِبِ

 

Sesungguhnya keutamaan seorang yang berilmu dibanding ahli ibadah, seperti keutamaan bulan dimalam purnama dibanding seluruh bintang- bintang.” (HR.Abu Dawud (3641), Ibnu Majah (223), dari hadits Abu Darda’ Radhiyallahu Anhu) Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.”

 

 

Hadits ini tentu bukan dimaknai bahwa berilmu atau mengetahui ilmunya saja sudah cukup sehingga tidak perlu beribadah. Ini anggapan yang keliru, karena setelah tahu dan paham ilmunya atau dalilnya tentu yang lebih utama adalah mengamalkannya. [ dari berbagai sumber ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

810

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman