Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga

0
201

PERCIKANIMAN.ID – – Perencanaan keuangan merupakan hal utama yang harus dilakukan agar pengeluaran keluarga Anda tidak lebih dari target yang ditetapkan. Selain itu, dengan perencanaan keuangan, Anda juga dapat mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki dan bagaimana cara mengalokasikannya dengan tepat.

 

iklan

 

 

Pertama, Buat perencanaan keuangan secermat mungking

 

 

Namun, alokasi dana tersebut tentunya harus sesuai dengan penghasilan yang Anda dapatkan tiap bulan. Langkah pertama, sebaiknya sisihkan dana yang waib keluar setiap bulan, seperti biaya cicilan, transportasi, logistik, dan lain-lain.

 

 

 

Kedua,  Menabung bersama suami dan istri

 

Setelah perencanaan keuangan Anda selesai, jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk menabung. Walau bagaimanapun, menabung merupakan hal yang sangat penting karena dengan memiliki tabungan Anda akan merasa lebih tenang dan aman.

 

 

 

Rencanakan juga tabungan Anda dan istri setiap bulannya. Dengan begitu, Anda akan selalu memiliki uang cadangan ketika membutuhkan dana lebih.

 

 

 

Ketiga, Melakukan  investasi meski hanya kecil

 

Ini juga merupakan hal yang penting tetapi sering dilupakan oleh sebagian orang. Investasi merupakan jawaban bagi Anda yang menginginkan tabungan di masa depan. Tetapi, dengan banyaknya produk investasi yang tersedia di pasaran, lebih baik pilihlah produk investasi yang sesuai dengan Anda. Jangan sampai investasi tersebut malah menambah beban Anda.

 

 

 

Asuransi misalnya, yang merupakan suatu investasi yang dapat menjamin Anda di kemudian hari jika terjadi hal-hal yang beresiko tinggi. Cara mengatur keuangan ini merupakan salah satu bentuk antisipasi bagi keluarga Anda agar tetap merasa aman dan terjamin.

 

 

 

Keempat, Tetapkan target bersama

 

Target merupakan suatu cita-cita yang akan Anda capai di masa depan. Misalnya, Anda memiliki target untuk memiliki apartemen dalam jangka waktu 5 tahun ke depan, demi mencapai hal itu tentunya Anda harus melakukan sesuatu, seperti menabung dan sebagainya.

 

 

 

Target juga merupakan suatu motivasi bagi Anda agar selalu memliki tujuan ketika melakukan sesuatu, dalam hal ini adalah dalam mengelola keuangan. Jadi, selain memiliki tabungan dan investasi, Anda juga memiliki rencana keuangan jangka panjang.

 

 

 

Kelima, Hindari berhutang jika tidak perlu

 

Hutang merupakan beban yang harus dibayarkan ketika sudah jatuh tempo. Untuk itu, jika memang tidak memiliki kebutuhan yang mendesak, hindari berhutang agar Anda terbebas dari beban pembayaran tersebut.

 

 

 

Kecuali, Anda benar-benar membutuhkan uang untuk membeli kebutuhan yang mendesak. Tetapi, berhutanglah sewajarnya dan masih dapat terbayar oleh Anda. Jadi hutang tersebut tidak mengganggu rencana keuangan Anda.

 

Mampu merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik tentunya lebih bermanfaat dibanding mampu “mengumpulkan uang”. Sebab, dengan mempunyai kemampuan mengelola keuangan dengan baik akan sangat membantu menata rumah tangga menjadi lebih baik pula.  [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

850

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman