Manfaat Mendongeng Untuk Buah Hati 

 

 

Oleh: Ummu Aisya Hanni*

 

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Saat ini perkembangan teknologi komunikasi khususnya gadget atau smartphone luar biasa cepatnya. Satu sisi bisa mempermudah komunikasi antar sesame namun sisi lain menimbulkan sikap egois. Orang lebih asyik memainkan smartphone nya ketimbang ngobrol dengan temannya yang sama-sama duduk disebelahnya. Begitupun saat di rumah dimana anggota keluaga lebih senang membuka gadget nya daripada bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya.

 

 

Kebiasaan ini bukan menjangkiti kaum remaja saja namun juga para orangtua khususnya saat dirumah berkumpul dengan keluarga. Orangtua sekarang lebih memilih memanfaatkan teknologi digital untuk menghibur buah hati mereka dan meninggalkan kebiasaaan mendongeng.

 

 

Padahal dongeng yang diceritakan langsung dari mulut orang tua merupakan hiburan yang tepat untuk anak. Selain itu, aktivitas ini juga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang.

 

 

Berikut beberapa manfaat mendongeng bagi perkembangan anak yang bisa ayah bunda lakukan

 

  1. Mengembangkan daya imajinasi anak

Anak memiliki daya imajinasi yang masih sangat bagus. Pilihlah dongeng yang memiliki alur cerita positif dan mendidik, agar anak bisa terarah menuju hal yang positif.

 

  1. Membangun kecerdasan emosional

 

Melalui dongeng anak, Anda bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang Anda dongengkan. Dongeng membantu anak menyerap nilai-nilai emosional kepada sesama.

 

  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

 

Dongeng mampu merangsang anak-anak terutama anak perempuan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku dan sebagainya, membuat anak-anak lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.

 

  1. Membentuk rasa empati

 

Melalui dongeng mereka akan berempati terhadap lingkungan sekitar terutama dengan merangsang indera pendengarannya. Dengan dongeng yang mendidik, maka anak akan mudah menyerap nilai positif yang akan menjadikan mereka anak yang berempati.

 

 

  1. Membangkitkan minat baca

 

Dengan memberikan cerita dongeng anak-anak, maka anak-anak akan tertarik dan rasa penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu. Inilah dimana keinginan untuk membaca menjadi semakin meningkat.

 

  1. Melatih daya ingat

 

Usai membacakan dongeng, Anda bisa bertanya kepada anak mengenai cerita tersebut atau membiarkannya untuk bercerita. Hal ini bermanfaat untuk melatih daya ingatnya.

 

  1. Menambah wawasan dan nilai moral bertambah

 

Melalui dongeng Anda bisa mengenalkan anak dengan hal-hal disekitarnya. Selain itu, dongeng membantu mengajarkan pesan-pesan moral dengan cara yang menyenangkan, tidak memaksa atau mengintimidasi. Dari beberapa cerita yang pesan moralnya tidak diungkap secara gamblang, Anda dapat membantu anak menemukan pesan moral yang terkandung di dalamnya.

 

 

Anda juga dapat menyelipkan beberapa pesan moral lain yang relevan dengan jalan cerita. Cerita atau kisah-kisah para Nabi dan Rasul serta sahabat adalah pelajaran yang bermanfaat bagi buah hati. Dengan cerita tersebut setidaknya mereka mengetahui kisah yang sebenarnya dan dapat menumbuhkan cinta Rasullullah.

 

 

  1. Mempererat hubungan Anda dan anak

 

Saat mendongeng, usahakan Anda berada di samping anak, mengadakan kontak fisik seperti memeluk atau membelai kepalanya. Kontak fisik yang terjadi membuat anak merasa nyaman dan akrab dengan Anda. Saat membacakan cerita terjadi interaksi, transfer nilai, pemahaman dan kesepakatan bersama yang membuat anak merasa dekat secara emosional dengan Anda

 

BACA JUGA: 9 Nama Hewan Untuk Bahan Cerita Anak 

 

Menjadi pendongeng merupakan hal yang mudah, apalagi jika dilakukan dengan rasa senang dengan sedkit berimajinasi. Mungkin diawal mendongeng ayah bunda masih sering bingung dengan alur ceritanya maka membaca buku adalah cara mensiasati hal itu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.Wallahu’alam bishshawab. [ Berbagai sumber]

 

 

*Penulis adalah ibu rumah tangga dan pendidik.

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 47 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment