Tips Komunikasi Dengan Buah Hati, Lakukan Dengan Qaulan Maysuura

0
939

 
PERCIKANIMAN.ID – – Komunikasi adalah salah satu kunci dalam mendidik anak. Orangtua yang mampun berkomunikasi yang baik dengan buah akan mudah membentuknya menjadi pribadi yang diinginkan orangtua.
 
 
Demikian juga sebaliknya, komunikasi yang salah dan searah hanya dari orangtua akan membuat anak tidak berkembang kreativitasnya. Ia akan menjadi anak penurut dalam arti yang pasif dan tidak mampu melahirkan idea tau gagasan yang brilian.
 
 
Secara sosial, kegagalan komunikasi antara orangtua dengan buah hati akan menghambat sikap saling pengertian, kerja sama, dan toleransi yang membangun. Anak akan bersikap acuh atau abai terhadap lingkungan sekitar yang sebenarnya membutuhkan perhatiannya.
 
 
Akhir-akhir ini kita sering membaca berita di media online, koran dan majalah serta menyaksikan berita di televisi termasuk di media sosial mengenai kekerasan yang dilakukan satu kelompok orang terhadap kelompok lainnya.
 
Tindakkan kekerasan, perkelahian,bullying dan luapan emosi yang berlebihan dengan mudah ditumpahkan seorang anak kepada temannya. Ironisnya terkadang berakhir dengan terampasnya kehormatan bahkan  hilangnya nyawa.
 
Mengapa hal itu bisa terjadi ?  Salah satu penyebabnya karena orangtua mengalami kegagalan dalam berkomunikasi dengan buah hatinya.
 
Dalam kepengasuhan cara Islam khususnya parenting nabawiyah, Allah dan Rasul-Nya telah mengajarkan salah satu tips berkomunikasi dengan buah hati yakni cara qaulan masyuura.
 
Qaulan maysuura artinya perkataan yang mudah. Maksudnya, ucapan yang mudah dicerna, tidak berbelit-belit. Bisa juga bermakna ucapan yang membuat anak merasa mudah untuk melaksanakan apa yang kita katakan.
 
Misalnya, ada seorang anak yang mengeluh bahwa belajar bahasa Inggris itu susah. Ada dua komentar terhadap pernyataan anak ini. Ada orangtua yang berkomentar,
 
“Teman Mama sekarang sekolah di Amerika, padahal dulu nilai bahasa Ingrisnya jelek. Tapi, ia tekun, maka sesulit apa pun pelajaran, kalau kita tekun insya Allah jadi biasa dan akhirnya bisa.”
 
Inilah contoh ucapan yang maysuura, ucapan yang membuat orang yang mendengarnya merasa mudah dan ringan.
 
Tetapi, ada juga orangtua yang berkomentar begini, “Emang Nak, kalau nggak cerdas, belajar sekeras apa pun tetap aja bodoh!”
 
Inilah contoh ucapan yang tidak maysuura karena ucapannya membuat anak menjadi semakin merasa sulit, bahkan menjadi putus asa. Itulah isyarat-isyarat komunikasi yang ada dalam Al-Quran.
 
Sungguh kemampuan berkomunikasi menjadi kunci penting dalam pendidikan anak. Apa yang dijelaskan dalam Al-Quran kalau kita amalkan dengan segala kesungguhan insya Allah akan membuahkan hasil yang menyenangkan.
 
Inilah saatnya kita sebagai orangtua untuk melatih kemampuan komunikasi dengan anakanak agar lebih baik. Semoga dengan ikhtiar yang tiada henti, anak-anak kita akan merasakan kearifan komunikasi orangtuanya. [ ]
 
*Disarikan dari buku “Golden Parenting” karya Dr.Aam Amiruddin,M.Si
5
Red: admin
Editor: iman
Ilustrasi foto: pixabay
860
 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman