Al Quran dan Sains Jelaskan Teknologi Panel Surya

0
78

PERCIKANIMAN.ID – – Beberapa perusahaan teknologi pada saat ini sedang menggalakan energi terbarukan ramah lingkungan. Berbagai solusi telah diajukan oleh mereka dengan panel surya sebagai solusi utama yang ditawarkan.

 

 

Salah satunya adalah Tesla, yang kini mulai menjual panel surya yang bisa dipakai di rumahan. Dan ternyata, respon dari masyarakat pun cukup tinggi. Alasannya adalah untuk menghemat biaya listrik tahunan mereka.

 

 

Namun tahukah Anda jika ternyata hal ini telah disebutkan di dalam Alquran? Di dalam buku Sains dalam Alquran yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, Allah telah menjelaskan hal tersebut dengan sebutan tentang atap perak.

 

() وَلَوْلَا أَنْ يَكُونَ النَّاسُ أُمَّةً وَاحِدَةً لَجَعَلْنَا لِمَنْ يَكْفُرُ بِالرَّحْمَٰنِ لِبُيُوتِهِمْ سُقُفًا مِنْ فِضَّةٍ وَمَعَارِجَ عَلَيْهَا يَظْهَرُونَ

 

Dan sekiranya bukan karena hendak menghindari manusia menjadi umat yang satu (dalam kekafiran), tentulah kami buatkan bagi orang-orang yang kafir kepada Tuhan Yang Maha Pemurah loteng-loteng perak bagi rumah mereka dan (juga) tangga-tangga (perak) yang mereka menaikinya,” (QS. Az-Zukhruf: 33)

 

 

Penggunaan atap perak ini juga sebenarnya juga sudah dimulai dari zaman mesir. Dahulu kala, atap-atap perak ini digunakan untuk memanaskan air yang ada di atap rumah, sehingga saat malam, air yang akan digunakan masih terasa hangat.

 

 

Kini, penggunaan panel surya bukan hanya menghangatkan air saja. Melainkan, sumber energi panas yang dipancarkan oleh matahari dapat dijadikan energi listrik, dan bisa digunakan untuk menyalakan peralatan elektronik.

 

 

Dan bahkan, teknologi ini sudah digunakan oleh NASA dalam berbagai pesawat luar angkasa mereka. Hal ini dilakukan untuk memberikan daya kepada kapal tersebut dalam menjalanakan misi mereka di luar angkasa. [ ]

Sumber: okezone.com

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

90

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini