Tips Tangkal Pilek dan Flu Saat Muslim Hujan, Coba Makanan Ini

0
113

PERCIKANIMAN.ID  — Salah satu cara agar tak terjangkit pilek dan flu, adalah lebih sering mencuci tangan. Namun ternyata ada salah satu obat paling ampuh untuk menangkal pilek dan flu, ini tersedia dalam makanan umum yang mungkin tidak Anda makan.

 

iklan

 

Penulis buku kesehatan, Secret of the World’s Healthiest People, Steve Bowers mengatakan, jika ingin menjauhkan diri dari dokter dan melawan pilek dan flu, ia menyarankan makan yoghurt kaya probiotik atau mengonsumsi suplemen probiotik.

 

 

Probiotik adalah bakteri dan ragi yang baik untuk kesehatan Anda. Para peneliti sedang mempelajari kemampuan makanan fermentasi probiotik untuk mengobati berbagai kondisi, dan untuk meningkatkan kekebalan untuk mencegah penyakit menular seperti pilek dan flu.

 

 

Dalam sebuah penelitian Juni 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, para peneliti menyelidiki kekuatan probiotik dalam meningkatkan kekebalan dalam yogurt. Mereka memberi makan orang dewasa yang lebih tua baik yang mengandung yogurt probiotik atau plasebo selama 12 pekan. Orang-orang yang makan yogurt mengalami peningkatan sel-sel sistem kekebalan yang membantu melawan virus.

 

 

Bagaimana cara kerja probiotik dalam yogurt? Bakteri hidup tampaknya berinteraksi dengan mikroba di usus. Ada 100 triliun mikroba ini menghasilkan vitamin, seperti B6, B12, dan K, mereka membantu melawan bakteri jahat seperti E. coli dan Salmonella, dan membantu menjaga pergerakan usus. Probiotik juga dapat meningkatkan fungsi penghalang usus, membantu menjaga agar virus dan bakteri tidak melewatinya.

 

 

“Bukan penggemar yogurt? Tidak apa-apa. Saya sebenarnya tidak terlalu sering memakannya, jadi saya mendapatkan rubah probiotik harian saya dari vitamin C dengan bubuk probiotik yang saya campur dengan air dan minum. Pilihan lain: kefir, acar dan asinan kubis, yang semuanya mengandung probiotik,” ujar Steve dilansir dari laman Prevention belum lama ini.

 

 

Namun ketika menyangkut kekuatan probiotik, tidak semua yogurt sama. Gunakan tips ini:

 

  • Lupakan varietas yang stabil di rak. Pendinginan menjaga budaya tetap hidup dan segar.

 

 

 

  • Pilih merek yang mencantumkan bakteri lactobacillus acidophilus (l. Acidophilus) atau Bifidobacterium (B. bifidum) pada label bahan. Kedua bakteri ini adalah yang paling kuat, dan karenanya, paling efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

 

 

  • Jika Anda membeli yogurt satu porsi, cari fakta nutrisi ini. Seharusnya mengandung setidaknya enam gram protein, tetapi tidak lebih dari 200 kalori, empat gram lemak, atau 30 gram gula.

 

Tak satu pun dari itu akan mencegah pilek dan flu, tetapi itu akan membantu menjaga berat badan Anda tetap terjaga, yang pada gilirannya akan melindungi kekebalan tubuh.[ ]

 

Sumber: republika.co.id

 5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

780

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman