Perbedaan Zakat Harta Dengan Zakat Profesi, Begini Penjelasannya

Assalamu’alaykum. Pak Aam, apa bedanya zakat maal dengan zakat profesi? Apakah harta yang kita pakai atau gunakan juga kena zakat? Misalnya mobil, motor dan peralatan produksi lainnya. Bagaimana cara menghitung zakat harta atau penghasilan?. Mohon penjelasannya. ( Tresna via fb)

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Zakat adalah salah satu rukun atau pilar dalam Islam. Dalam Al Quran maupun hadits tentang perintah untuk menunaikan zakat ini, seperti

 

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

 

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.” ( QS.Al Baqarah: 110 )

 

Kemudian dalam ayat lain juga disebutkan,

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” ( QS. At Taubah: 103 )

 

Dan masih banyak ayat-ayat Al Quran yang menjadi dalil atau dasar kita harus menunaikan zakat ini. Zakat sendiri ada yang disebut dengan zakat fitrah atau fitri yang dikeluarkan atau ditunaikan setahun sekali diakhir Ramadhan atau sebelum shalat Ied Fitri. Kemudian ada zakat maal atau zakat harta yang dihitung berdasarkan waktu (haul) dan besarnya (nishab).

 

Kalau zakat profesi itu zakat yang dikeluarkan dari penghasilan hidup Anda. Kalau zakat harta itu zakat dari bagian harta yang Anda miliki. Contoh, Anda punya penghasilan 20 juta. Keluarkan 2,5% itu namanya zakat profesi. Lalu Anda bisa nabung setelah mengeluarkan zakat profesi atau zakat penghasilan.

 

 

Bisa saja Anda nabung misalkan 5 juta perbulan. Nah kalau tabungan ini sudah mencapai batas minimal, batas nishab yaitu setara dengan 85 gr emas sesuai harga emas saat ini. Misalkan tabungan Anda pe Januari ini sudah mencapai 50 juta lebih, maka keluarkan zakat harta.

 

 

Nah itu bedanya. Simpel ya, kalau zakat penghasilan itu langsung bisa Anda bayarkan ketika menerima gaji. Sedangkan zakat harta itu adalah simpanan harta Anda yang sudah melebihi batas minimal, nah itu harus dikeluarkan agar membersihkan harta simpana Anda.

 

BACA JUGA: Zakat Tanpa Ijab Qabul, Bolehkah ?

 

Kemudian untuk harta yang kita pakai seperti rumah, motor, mobil atau kalau Anda punya helikopter yang Anda pakai itu tidak kena zakat. Mengapa? Sebab di pakai atau digunakan, bukan disimpan.

 

 

Tetapi kalau Anda mempunyai mobil dikoleksi banyak, yang dipakai hanya satu yang lainnya hanya untuk koleksi atau investasi nah itu harus keluar zakat 2,5%. Nah ini namnya zakat harta.

 

 

Jadi harta dalam Islam itu di kalau diam itu kena zakat, tetapi kalau produktif itu tidak dikenai zakat. Anda punya ruko disewakan maka tidak kena zakat harta. Tetapi ketika yang menyewa membayar uang sewanya maka Anda perlu mengeluarkan zakat penghasilan. Jadi dalam Islam itu harta yang baik adalah harta yang gerak atau produktif.

 

Bagaimana menghitungnya? Tentu kalau secara nominal tidak bisa saya jelaskan disini karena keterbatasan waktu. Sebab ini terkait dengan detailnya. Penghasilan Anda berapa? Berapa pengeluarannya? dan sebagainya. Kemudian berapa harta Anda semuanya? Mana yang dipakai dan yang tidak? Berapa nilainya dan sebagainya. Nah, ini kan butuh penjelasan lebih rinci dan pribadi. Sebab, orang yang mempunyai penghasilan atau harta yang sama belum tentu zakatnya sama.

 

 

Untuk lebih jelasnya silakan Anda datang ke kantor Yayasan Percikan Iman nanti akan diberikan penjelesan lebih detail dan lebih rinci. Insya Allah para ustadz akan membantu Anda dalam menghitung atau merinci berapat zakat yang harus Anda keluarkan. Juga penjelasan lainnya khususnya berkaitan dengan zakat. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawaab. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

850

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 160 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment