10 Tips Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

PERCIKANIMAN.ID – – Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu upaya mencegah penyakit menular.

 

PHBS paling baik dilakukan dari diri sendiri. Kesadaran pribadi dan lingkungan untuk menjaga PHBS menjadi faktor utama kesehatan dan pencegahan penyakit.

 

Dalam tahapan kesehatan, upaya yang dilakukan pemerintah diantaranya terdiri dari pencegahan, promosi, pengobatan, dan rehabilitasi.

 

“Sudah seharusnya semua pihak ikut memelihara, menjaga dan mendukung terwujudnya PHBS. Hal itu bisa terwujud semua tergantung dari niat,” kata praktisi kesehatan dr Lies Karmawati.

 

PHBS adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar dan mau melakukan PHBS untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Selain itu untuk mencegah risiko penularan penyakit. Tujuannya agar anggota keluarga berperan aktif.

 

“Anak dapat tumbuh sehat dan cerdas, setiap anggota keluarga tidak mudah sakit, rumah tangga makin produktif, beralihnya biaya kesehatan kepada biaya investasi lainnya,” ungkap Lies.

 

Sedikitnya ada 10 indikator yang dapat menjadi pedoman untuk menerapkan PHBS pada rumah tangga:

 

  1. Persalinan oleh Tenaga Kesehatan

 

Rumah tangga yang memiliki ibu hamil mempunyai akses pertolongan persalinan oleh petugas atau tenaga kesehatan profesional yaitu bidan atau dokter dan dilakukan di sarana pelayanan kesehatan.

 

  1. ASI Eksklusif

 

Bayi hanya diberi ASI sejak 0-6 bulan tanpa makanan lain termasuk susu formula.

 

  1. Penimbangan Balita

 

Rumah tangga yang memiliki balita menimbangkan balitanya satu bulan sekali minimal 8 kali setahun di sarana kesehatan seperti Posandu dan Puskesmas.

 

  1. Cuci Tangan

 

Anggota rumah tangga mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan dan sesudah buang air besar serta memiliki sarana cuci tangan yang memenuhi syarat.

 

  1. PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)

 

Anggota rumah tangga melakukan PSN minimal seminggu tiga kali yaitu gerakan 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur) tempat penampungan air (bak mandi, tempayan drum, ban bekas, kulkas, dispenser, dan lainnya).

 

  1. Aktivitas Fisik

 

Anggota rumah tangga yang berusia 10 tahun ke atas melakukan olahraga teratur minimal 30 menit per hari dan dilakukan 3-5 kali seminggu. Bisa dilakukan dengan kegiatan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau pekerjaan rumah tangga lainnya.

 

  1. Tidak Merokok

 

Jangan merokok. Apalagi jika merokok dilakukan di dalam rumah. Rumah harus bebas dari asap rokok.

 

  1. Gizi

 

Konsumsi makanan yang beraneka ragam baik bagi seluruh anggota keluarga. Setiap orang penting mengonsumsi makanan dengan energi, protein, lemak, vitamin dan mineral yang cukup.

 

  1. Air Bersih

 

Gunakan air bersih untuk keperluan rumah tangga seperto minum, memasak, mandi dan mencuci.

 

  • Jamban

 

Setiap rumah tangga harus memiliki sanitasi yang sehat dan jamban yang memenuhi syarat.

 

Sumber: jawapos.com

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 53 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment