Sholat Jenazah Setelah Ashar, Bagaimana Hukumnya ?

Assalamu’alaykum, Pak Aam. Apakah kita boleh menyolatkan jenazah setelah sholat Ashar? Bukankah tidak ada sholat sunnah setelah sholat Ashar.? Mohon penjelasannya dan terima kasih . ( Subhan via fb)

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Perlu diluruskan bahwa sholat jenazah itu bukan sholat sunnah. Kalau sholat jenazah itu hukumnya apa? Fardu atau wajib hanya saja fardunya bukan fardu ain melainkan fardu kifayah.

 

Yang dimaksud fardu kifayah itu wajib tapi bisa terwakili oleh seseorang yang melaksanakannya atau ketika sudah  ada orang lain yang mengerjakan maka gugur kewajibannya. Tetapi jika tidak ada satu pun orang yang mengerjakannya maka berdosa orang-orang disekitar.

 

Contohnya di RW Anda ada yang meninggal, maka itu wajib satu RW itu menyolatkan mayit. Tetapi jika sudah ada dua tiga orang yang menyolatkan, maka gugur tanggung jawabnya orang yang satu RW tersebut.Namun kalau dalam satu RW tersebut tidak ada yang menyolatkannya maka dosa seluruh RW tersebut.

 

Jadi tadi Anda bilang sholat jenazah itu sunnah, siapa bilang? Sholat jenazah itu wajib hukumnya hanya fardunya Kifayah. Jadi saya ingin meluruskan dahulu pernyataan Anda tentang “padahalkan tidak ada sholat sunnah setelah ashar”. Memang tidak ada sholat sunnah setelah Ashar. Ini betul pernyataann Anda .

 

 

BACA JUGA: Doa Wirid Sesudah Sholat Fardhu, Apakah Wajib ? Begini Penjelasannya

 

 

Coba kita simak penjelasan hadits dari dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

“Tidak ada shalat setelah shalat Shubuh sampai matahari meninggi dan tidak ada shalat setelah shalat ‘Ashar sampai matahari tenggelam.” (HR. Bukhari, no. 586 dan Muslim, no. 827)

 

Orang sholat jenazah setelah Ashar itu tidak apa-apa. Karena sholat jenazah itu wajib. Hanya sekali lagi itu fardu kifayah. Nah sedangkan tidak ada sholat setelah sholat ashar dalam keterangan hadits diatas itu maksudnya sholat rawatib atau shalat sunnah yang mengiringi shalat wajib. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait pembahasan bab shalat ini lebih detail berikut dalilnya, termasuk shalat sunnah, Anda, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat berikut contoh-contohnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: kajianfikih.com

980

fiqih shalat jenazah

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 370 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment