Sering Gagal Umroh, Ini Tips Memilih Travel Umroh Terpercaya

Assalamua’laykum, Pak Aam. Saya sudah 3 kali berencana umroh, tapi selalu gagal bahkan terakhir ada yang menipu. Kenapa bisa begini? Apakah ini cobaa atau ujian ibadah ? Mohon nasihatnya ( M via fb )

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Tentu sangat wajar dan manusiawi kalau ada yang marah terkait kasus penipuan umroh yang gagal. Ini adalah keprihatinan bersama yang harus segera diakhiri dan tidak boleh terulang lagi. Sungguh sangat tidak manusiawi jika orang ingin ibadah kemudian justru malah ditipu atau dibohongi.

 

Jelas ini sebuah kejahatanan. Seharusnya orang yang hendak ibdah itu dibantu dan dipermudah sehingga ibadahnya lancar dan khusyu. Bukan malah ditipu dan digagalkan. Sekali lagi ini memprihatikan.

 

Apa yang alami bisa jadji karena Anda tidak mencari travel yang representative, kredible, bonafit dan amanah. Jadi orang ditipu itu ada dua. Pertama, memang benar-benar musibah karena ketidaktahuan. Kemudian yang kedua adalah tertipu karena ketidaktelitian kita atau sembrono atau ceroboh dalam memilih travel.

 

Kasus Anda yang pertama bisa jadi musibah disebabkan ketidaktahuan Anda. Namun kalau Anda sudah berniat umroh 3 kali dan selalu kena tipu, mungkin karena Anda salah daftar atau salah memilih travel dan tidak belajar dari kasus sebelumnya.

 

Untuk itu saya dan juga pemerintah sudah memberikan arahan kalau mau umroh atau ingin berhaji, usahakan untuk mencari travel yang sudah mempunyai reputasi yang baik. Travel yang sudah jelas alumninya, pemimbingnya, kantornya dan aspek legalitas lainnya.

 

Maaf tanpa bermaksud tidak menghargai jasa sales, jadi bukan yang ditawarkan door to door dan hanya sekedar berbekal brosur, bonus, tiket murah dan sebagainya . Sekarang ini kan banyak travel yang menjual produk umroh dan haji itu dari rumah ke rumah dari teman ke teman, lewat SMS dan sebagainya.

 

Tentu kalau teman itu bisa menunjukkan alamat kantornya, jelas izinnya, bahkan bisa di cek lewat internet di Kementerian Agama bahwa travel tersebut ada izinnya atau tidak. Itu artinya perlu menunjukkan kehati-hatian. Nah jadi kalau Anda tertipu sekali mungkin itu karena belum paham. Tapi kalau sudah kena tipu 3 kali itu mungkin kecerobohan Anda yang tidak mau belajar dari travel sebelumnya.

 

Nah agar Anda tidak tertipu lagi coba perhatikan ciri-ciri travel nakal yang sering bermasalah adalah sebagai berikut:

  1. Sering menawarkan harga yang murah di luar kewajaran

Walau harga yang murah tidak memastikan kalau biro perjalanan tersebut termasuk perusahaan bermasalah, namun jika mereka menawarkan harga untuk biaya perjalanan umroh yang lebih murah dari paket umrah dengan harga normal, Anda patutnya boleh untuk merasakan sedikit waspada dan curiga. Biasanya harga yang ditawarkan hanya sekitar 7 sampai 12 juta dengan iming-iming kuota terbatas atau sedang promo,  Padahal harga normalnya bisa jauh dari harga tersebut, harga tiket pesawat untuk menuju ke arab saudi saja berada di kisaran 12 jutaan.

 

  1. Tidak ada atau tidak punya kantor atau lokasi palsu

Ketika Anda mendapatkan penawaran paket umrah dari suatu perusahaan atau brosur iklan yang menurut Anda menarik, lebih dahulu cek apakah ada tempat atau kantor dari perusahaan tersebut. Cek juga apakah alamatnya memang sesuai dan bangunan tersebut benar-benar milik perusahaan tersebut lengkap dengan surat izinnya.

Jangan sampai Anda begitu saja memberikan uang kepada perusahaan yang tidak jelas yang bahkan tidak memiliki sebuah gedung atau kantor resmi. Walaupun saat ini Anda bisa melakukan pendaftaran melalui jalur online, namun alangkah baiknya Anda juga melakukan cek ulang di kantor resmi dari biro perjalanan umrah yang Anda pilih. Sebaiknya juga hindari pembayaran yang dilakukan melalui jalur transfer.

 

  1. Tidak memiliki website resmi

Biro perjalanan atau travel yang resmi biasanya memiliki website yang profesional dan juga terdaftar serta dapat kita akses dengan mudah di Google. Jika Anda mendapatkan penawaran paket travel atau umrah dari biro perjalanan yang bahkan tidak memiliki website, mungkin Anda harus berfikir dua kali untuk mendaftar dan bekerjasama dengan mereka. Apalagi jika website yang mereka miliki hanya berupa blog gratisan seperti blogspot atau wordpress.

 

  1. Bayar di Muka Dan Dijanjikan Berangkat di Waktu Tertentu

Travel umrah bodong dengan niat menipu biasanya memberi syarat untuk melakukan pembayaran di awal atau melakukan biaya uang muka dengan jumlah besar di awal dan dijanjikan untuk diberangkatkan pada waktu tertentu seperti tahun depan, atau beberapa tahun kemudian. Padahal ibadah umrah dapat dilakukan pada bulan apa saja selain musim haji.

 

Ada beberapa hal mengapa mereka melakukan hal tersebut dan mengapa mereka memberikan biaya yang murah. Yang pertama karena mereka menggunakan uang tersebut untuk dijadikan modal usaha, dan yang kedua karena mereka ingin membawa kabur uang tersebut jauh sebelum Anda menyadari kalau Anda telah ditipu oleh biro perjalanan bodong tersebut.

 

BACA JUGA: Hukum Haji Dari Uang Pinjaman, Apakah Boleh ?

 

Kemudian cara memilih biro perjalanan atau travel umroh dan haji yang baik atau terpercaya silakan cermati beberapa poin berikut ini.

 

  1. Pastikan travel tersebut resmi dan sudah terdaftar di Kementerian Agama

Ini salah satu point pentingnya. Kalau travel tersebut resmi berijin maka akan ditunjukkan atau dicantumkan nomor ijinnya baik dibrosur,web atau dijelaskan petugasnya. Anda juga bisa mengecek resmi tidaknya travel tersebut dikantor Kementerian Agama setempat.

 

2.  Punya jadwal keberangkatan yang jelas.

Travel yang bonafit dan terpercaya pasti sudah mempunyai jadwal keberangkatan yang pasti dan jelas baik tanggal maupun bulannya. Jadi bukan sekedar dijanjikan berangkat awal tahun atau awal bulan dan sebagainya. Kemudian ada kejelasan dari mana bandara keberangkatan, maskapai penerbangannya juga jelas.

 

3. Biayanya yang jelas.

 

Travel yang amanah dan resmi akan mempunyai harga yang standar dan kompetitif dengan travel lainnya. Hal ini terkait dengan fasilitas yang akan didapat calon peserta. Sebaliknya travel nakal biasanya akan menawarkan tiket murah bahkan dibawah standar. Untuk itu jangan tergiur soal harga yang murah namun gagal berangkat.

 

4. Cek hotel dan lokasinya.

Hotel dan lokasinya juga menjadi faktor tiket umroh. Cek hotel yang ditawarkan apakah sesuai dengan tiket yang ditawarkan.

 

5. Cek visa

Pastikan kembali visa umroh Anda. Anda bisa menanyakan atau konfirmasu visa umroh melalu Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU)

 

Silakan memilih travel yang sudah teruji reputasinya, atau Anda bisa datang ke travel Perciktour di Jl Taman Citarum No.9. Kota Bandung. Anda bisa konsultasi disana dengana beberapa ahli atau pembimbing yang sudah berpengalaman mengenai Haji dan Umroh.

 

Anda juga bisa bertanya-tanya kepada beberapa alumni yang sudah menggunakan travel Percikan Iman. Nah ini makanya menurut saya ada kecelakaan karena kecerobohan kita juga. Maka saya doakan semoga ibu bapak yang sedang diniatkan untuk haji maupun umroh dalam waktu dekat ini semoga dilancarkan dan dibimbing untuk ibadahnya dengan baik. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: traveling

890

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 124 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment