Jin Qarin Menjerumuskan Berbuat Maksiat ? Ini Penjelasannya

Assalamu’alaykum, Pak Aam. saya ingin bertanya tentang jin pendamping. Katanya dari kita masing-masing mempunyai jin yang mendampingi sejak kita sejak lahir. Apakah jin ini yang selalu menjerumuskan kita atau membimbing kita? Mohon penjelasannya. ( Yussy via fb )

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Sesungguhnya kita dengan jin itu mempunyai kesamaan. Kita dan jin mempunyai tugas yang sama. Sebagaimana yang sering kita baca atau dengar bahwa Allah Swt menciptakan manusia dan jin adalah untuk beribadah atau taat kepada-Nya. Hal ini dapat kita baca atau simak dari firman Allah dalam Alquran,

 

 

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

 

 Dan Aku (Allah) tidak menciptakan golongan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

 

Jadi kita dan itu mempunyai tugas yang sama. Bagaimana ibadahnya jin? Jadi kalau dia muslim, dia beribadah seperti kita. Dijelaskan dalam Surat Jin ayat 1-2

 

قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا

 

يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ ۖ وَلَنْ نُشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا

 

“Katakanlah hai Muhammad: Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya sekumpulan jin telah mendengarkan Al Quran, lalau mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan, memberi petunjuk ke jalan yang benar, lalu kami beriman kepdanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorangpun dengan Tuhan kami.” ( QS.Al Jin; 1-2)

 

Ayat ini menjelaskan bahwa ketika Rasulullah Saw membaca Al Quran, ada sekelompok jin yang ikut mendengarkan bacaannya, lalu mereka mengimaninya. Kalau mengimani Al Quran berarti mereka memeluk ajaran Islam, konsekwensinya agama mereka adalah Islam dan cara ibadahnya pun secara Islam. Lalu dalam ayat selanjutnya dijelaskan,

 

 

وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَٰلِكَ ۖ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا

 

“Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda.”(QS. Jin : 11)

 

BACA JUGA: Agama Bangsa Jin, Apakah Ada Yang Shalih ?

 

Jadi bangsa atau kaum Jin pun seperti manusia, ada yang beriman dan ada yang kafir. Demikian juga dengan amalannya kalau yang beriman tentu beribadah dan yang kafir sebaliknya tidak taat dan ingkar kepada Allah.

 

Lalu siapakah Jin yang selalu mendampingi kita? Dalam hadits disebutkan jin ini namanya Qorin atau Qarin . Hal ini seperti diterangkan dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

 

وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

 

Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

Menurut ahli hadits bahwa Jin yang lahirnya bersamaan dengan kita ini masing-masing. Waktu saya lahir pun ada jin yang lahir bersamaan dengan saya. Dia punya jalan hidup, saya pun punya jalan hidup yang berbeda. Boleh jadi jin yang bareng sama saya sholeh, sayanya tidak. Bisa juga sebaliknya. Jin yang bersamaan dengan saya tidak sholeh, saya sholeh.

 

 

Jadi jin Qarin itu jin yang lahir bareng kita. Tapi tidak benar bahwa jin itu menjerumuskan kita, karena punya jalannya masing-masing. Jadi tidak bisa menyalahkan bahwa ketika kita berbuat dosa lalu berpikir “inimah gara-gara jin Qarin saya.”

 

Tidak seperti itu. Karena mendapatkan hidayah atau tidak itu pilihan Anda yang menjalani hidup. Kalau mau hidayah, jemput hidayah itu. Kalau mau kaufur berarti itu pilihan Anda juga. Di dalam surat Al-Mulk ayat 23 dikatakan,

 

 

قُلْ هُوَ الَّذِي أَنْشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۖ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ

 

 

“Katakanlah: “Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati”. (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.” ( QS. Al Mulk: 23 )

 

Jadi Allah sudah memeberikan kepada kita perangkat. Pendengaran, penglihata, dan hati. Terserah Anda akan dipakai untuk syukur atau untuk kufur. Itu kembali kepada diri masing-masing.

 

Apakah jin Qorin ini yang menjerumuskan manusia atau kita ketika berbuat maksiat? Tentu tidak demikian sebab pada hakikatnya semua jin kafir atau istilah setan akan menjerumuskan manusia dengan segala tipu dayanya.

 

BACA JUGA: Sulit Ketemu Jodoh, Apakah Diganggu Jin ?

 

Kalau ada manusia yang terjeremus ya jangan menyalahkan jin yang menggodanya melainkan salahkan diri sendiri, mengapa sampai tergoda dan terjerumus?. Sebab manusia diberi akal dan panduan hidup yakni Al Quran, maka barangsiapa yang bertakwa, taat dan dekat dengan Allah insya Allah tidak ada akan tergoda. Dalam Al Quran  Allah berfirman,

 

وَإِمَّا يَنَزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 

Apabila setan menggodamu maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia (Allah) Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-A’raf: 200)

 

Bagaimana agar tidak tergoda atau terjerumus godaan setan? Dekatkan diri kepada Allah dengan amal shalih, shalat, dzikir, baca Al Quran dan lainnya. Demikian penjelasanya semoga bermanfaat.

 

Nah,terkait dengan pembahasa tentang dunia jin, cara jin menggoda manusia termasuk ruqyah, Anda, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul ” MENELANJANGI STRATEGI JIN “. Ada pembahasan lebih dalam dan lengkap dengan dalil dari Alquran dan hadits shahih. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

986

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 717 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment