Waspadai Sindrom HELLP Saat Hamil, Kenali Ini Gejalanya

PERCIKANIMAN.ID – – Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh wanita. Bagi sebagian wanita, seluruh periode kehamilan bisa menjadi angin yang sangat dingin. Bagi yang lain, mereka mungkin harus menghadapi banyak komplikasi yang dapat membahayakan mereka dan kehidupan bayi mereka.

 

 

Berikut akan membahas satu komplikasi yang terjadi setelah 20 minggu kehamilan, dan jarang postpartum – sindrom HELLP, dilansir dari Boldsky, Rabu (21/11/2018).

 

 

  • Ketahui dahulu apa itu Sindrom HELLP?

 

Sindrom HELLP adalah serangkaian gejala yang berpotensi mengancam jiwa bagi ibu dan bayi yang belum lahir. Gangguan HELLP secara besar-besaran mempengaruhi darah dan hati. Mayoritas kasus HELLP diperhatikan pada trimester terakhir kehamilan. Dapat menyebabkan komplikasi serius bagi ibu dan bayi jika tidak diobati pada waktu yang tepat.

 

 

Kata HELLP adalah akronim untuk kondisi utama yang diperhatikan selama diagnosis awal. Huruf H dalam HELLP berarti Hemolysis, huruf EL berarti peningkatan enzim hati, sedangkan huruf LP berarti jumlah trombosit rendah.

 

 

Kelainan ini bersama-sama menimbulkan kekacauan pada wanita hamil. Hemolisis adalah kondisi di mana sel-sel darah merah memecah lebih cepat dari biasanya. Ini dapat menyebabkan penurunan cepat sel darah merah dan dapat menyebabkan anemia.

 

  • Apa Gejala Dari HELLP Syndrome?

 

Sama seperti kehamilan, gejala HELLP berbeda dari ibu ke ibu. Namun, beberapa gejala umum yang terlihat pada pasien dengan sindrom HELLP adalah sakit kepala , penglihatan buram, mual, pembengkakan pada tangan, kaki dan wajah , penambahan berat badan berlebih, dan nyeri di bagian atas perut.

 

 

  • Bagaimana Sindrom HELLP Didiagnosis?

 

Karena tidak ada gejala utama eksklusif untuk sindrom HELLP, dokter Anda mungkin menyarankan Anda tes darah dan hati yang ekstensif yang akan membantu mendiagnosis kondisi secara akurat. Terlepas dari ini, tes urin juga direkomendasikan untuk keberadaan protein seperti itu adalah efek setelah kerusakan hati.

 

Wanita yang menderita HELLP juga diketahui memiliki jumlah trombosit yang abnormal rendah. Meskipun, penelitian untuk kondisi ini masih berlangsung, dikatakan bahwa wanita yang menderita tekanan darah tinggi lebih rentan untuk mengembangkan sindrom HELLP selama trimester ketiga mereka.

 

  • Apa Yang Terjadi Ketika Anda Mengalami Sindrom HELLP?

 

Sekitar 1 dari setiap 1000 wanita hamil menderita sindrom HELLP selama kehamilan mereka. Peluang mereka semakin meningkat jika mereka menderita tekanan darah tinggi. Wanita dengan sindrom HELLP sering mengalami rasa sakit yang tajam di bagian atas perut mereka, yang dapat berjalan melalui paru-paru dan mencapai bahu.

 

Rasa sakit ini sering dikelola melalui penghilang rasa sakit, yang biasanya mempengaruhi bayi yang belum lahir. Karena HELLP adalah gangguan yang menghasilkan tekanan darah tinggi, itu langsung mempengaruhi pertumbuhan janin. Komplikasi paling serius yang muncul dari ibu yang menderita sindrom HELLP adalah kelahiran bayi yang prematur, gagal hati, dan dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan normal bayi di dalam rahim.

 

BACA JUGA: Ibu Hamil Dilarang Minum Es, Mitos atau Fakta ?

 

  • Bagaimana HELLP Dilakukan?

 

Setelah didiagnosis, pengobatan sindrom HELLP terutama didasarkan pada banyak faktor seperti seberapa jauh ibu berada dalam kehamilan. Namun, dokter merekomendasikan segera caesar jika bayi berisiko tinggi terhadap kematian. Jika bayi berusia di bawah 34 minggu kehamilan, para dokter akan mencoba untuk memberikan kortikosteroid untuk mengharuskan perkembangan cepat paru-paru janin dan hanya memberikan lebih banyak kesempatan untuk bertahan dari kelahiran prematur.

 

Setelah melahirkan, ibu memakai obat tinggi untuk mengatur tekanan darah. Akan ada transfusi darah jika jumlah trombosit menjadi terlalu rendah. Dia juga diberikan obat-obatan untuk menghindari kejang. Meskipun penyebab pasti sindrom HELLP tidak diketahui, dikatakan bahwa wanita dengan preeklamsia, kondisi tekanan darah tinggi, berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan sindrom HELLP selama kehamilan mereka. [ ]

Dikutip dari: okezone

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 58 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment