Shalat Tanpa Mukena Bagi Wanita, Apakah Sah ?

Assalamu’alaykum. Pak Aam, bulan seminggu yang lalu saya mendapat tugas dari kantor untuk ikut pelatihan di luar kota selama 2 hari. Waktu itu saya lupa tidak membawa mukena dan hanya shalat di kamar hotel dengan baju muslimah. Bolehkah wanita shalat hanya mengenakan busana muslimah saja, tanpa pakai mukena?Apakah shalat saya sah? Mohon penjelasannya. ( Sisca via fb )

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Salah satu syarat sah shalat adalah menutup aurat. Menutup aurat ini wajib, meskipun shalatnya sendirian dan di dalam kamar. Ini berlaku bagi laki-laki maupun wanita, hanya yang membedakan adalah batasan aurat antara laki-laki dan wanita.

 

 

Apa saja yang masuk dalam kategori aurat bagi wanita? Seluruh tubuh wanita itu aurat kecuali muka dan  tangannya. Batasan ini diambil dari hadis yang diriwayatkan Aisyah r.a., ia menerangkan bahwa adik kandungnya, yaitu Asma binti Abu Bakar masuk ke rumah Rasulullah dengan berpakaian yang transparan (tipis). Dalam hadits dari ‘Aisyah radhiyallohu ‘anha, berkata:

 

 

أَنَّ أَسْمَاءَ بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ، دَخَلَتْ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهَا ثِيَابٌ رِقَاقٌ، فَأَعْرَضَ عَنْهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَقَالَ: «يَا أَسْمَاءُ، إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا» وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ. رواه أبو داود.

 

 

Bahwasannya Asma bintu Abu Bakr masuk menemui Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam dengan mengenakan pakaian yang tipis, maka Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam pun berpaling darinya, Beliau bersabda: “Wahai Asma’ sesungguhnya seorang wanita jika telah baligh tidak boleh terlihat darinya kecuali ini dan ini – beliau menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya” ( HR. Abu Dawud )

 

 

Bagaimana pakaian wanita ketika shalat?. Hal ini bisa disimak dari hadits Rasulullah Saw dimana beliau bersabda,

 

 

 

Allah tidak akan menerima shalat wanita yang telah dewasa kecuali dengan memakai kerudung.” (H.R. Imam yang lima kecuali Nasa’i)

 

 

 

Kemudian diambil keterangan dari Ummu Salamah r.a. pernah bertanya pada Nabi saw. ”Bolehkah seorang perempuan shalat memakai baju dan kerudung, tetapi tidak pakai kain?” Nabi menjawab, ”Boleh, asalkan baju itu panjang dan menutup bagian atas kedua telapak kakinya.” (H.R. Abu Dawud)

 

Apakah wanita kalau shalat harus memakai mukena?  Sebenarnya ini hanya kebiasaan atau keumuman khususnya para wanita Indonesia yang menjadikan mukena sebagai pakaian tambahan untuk menutup auratnya ketika shalat. Tentu hal ini sangat bagus, karena aurat menjadi semakin tertutup.

 

 

 

Andai ada wanita shalat tanpa mukena, namun pakaiannya sudah memenuhi persyaratan menutup aurat, maka shalatnya sah. Karena yang terpenting bukan jenis pakaiannya dan bukan pula modelnya, namun yang terpenting adalah pakaian tersebut bisa menutup aurat.

 

 

 

Bertolak darai keterangan ini jelaslah bahwa pakaian muslimah dinilai sempurna apabila (1) menutup aurat; (2) tidak transparan atau tipis; dan (3) tidak  ketat. Apabila seluruh persyaratan ini terpenuhi, maka baju tersebut bisa dipakai shalat, tanpa harus mengenakan mukena lagi. Namun kalau pakai mukena, tentu akan lebih baik karena auratnya menjadi semakin tertutup.

 

BACA JUGA: Wanita Shalat Tanpa Pakaian Dalam, Apakah Sah ?

 

Jadi shalat Anda tetap sah meskipun tanpa memakai mukena sepanjang syaratnya yang tersebut diatas terpenuhi yakni tidak nampak aurat. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

 

Nah, terkait pembahasan bab shalat ini lebih detail berikut dalilnya, Anda, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat berikut contoh-contohnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

 

 

5

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

970

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 2,368 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment