Berbahaya Makan Es Krim Saat Hamil, Mitos atau Fakta ?

PERCIKANIMAN.ID – – Biasanya saat hami seorang ibu akan mengalami ngidam atau menginginkan sesuatu khususnya makanan. Meski dalam kajian ilmiah belum ada bukti hubungan antara hamil ngidam namun dalam masyarakat kita itu sangat dipercaya.

 

 

Salah satu ngidam biasanya memakan makanan yang sangat diidamkan, salah satunya es krim. Namun sejak lama dipercaya bahwa wanita hamil tidak boleh makan es krim. Dikira nanti ada bahaya penyakit yang mengintai, terlebih janin yang dipercaya akan membesar dalam kandungan jika ibunya rajin makan es krim. Benarkah demikian?

 

 

Anggapan tersebut tidak salah namun juga tidak benar mutlak. Pastinya ekspektasi tersebut bisa diubah dengan baik, sebab es krim pun punya banyak manfaat. Hal ini jika dikonsumi khususnya bagi ibu hamil secara bijak dan sesuai panduan gizi serta nasihat dokter.

 

 

Dikutip  dari Momjunction, selama Anda tidak berlebihan makan es krim, pasti tetap aman. Pada dasarnya, es krim aman dan enak, tetapi Anda perlu memastikan bahwa es krim yang akan Anda konsumsi tidak terkontaminasi dengan bakteri. Demikian juga masalah dengan pilek atau menderita sinusitis. Untuk itu mintalah saran dari dokter. Beberikut ini beberapa hal terkait kandungan es krim,

 

 

  1. Nutrisi dalam es krim

 

Setengah cup es krim mengandung sekitar 16 gram, tambahan gula dan 111 kalori. Janin Anda sangat membutuhkan nutrisi baik, khusus selama di dalam rahim.

 

  1. Peluang untuk seksio lebih banyak

 

Es krim umumnya manis dan mengandung susu. Jika dikonsumsi secara berlebihan kedua bahan tersebut bisa mengancam nyawa seseorang. Malahan diklaim bisa meningkatkan risiko operasi caesar. Itu akibat punya berat badan berlebihan saat kehamilan jika mengkonsumsi es krim berlebihan dan tanpa kendali.

 

BACA JUGA: Beberapa Kelainan Kulit Saat Kehamilan

 

  1. Menjaga perkembangan gigi dan tulang

 

Dalam kandung es krim terdapat kalsium yang sehat. Fungsinya untuk membantu perkembangan tulang dan gigi bayi.  Jadi es krim tetap aman selama dikonsumsi dengan aturan dan tidak berlebihan.

 

  1. Es krim dapat redakan stres

 

Dalam beberapa kasus ibu hamil kerab mengalami kondisi penat yang memicu stress. Mengkonsumsi es krim salah upaya mengurangi stress. Sensasi dingin dari es krim dianggap bisa jadi cara untuk relaksasi pikiran. Seketika Anda terhindar dari penat dan mudah melepas stres.

Demikian beberapa manfaat es kris bagi ibu hamil. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 42 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment