Ciri Keluarga Penghuni Surga, Semoga 4 Ini Ada Dalam Rumah Tangga Kita

suami istri

PERCIKANIMAN.ID – – Semua pastinya ingin menjadi calon penghuni surga, bahkan seluruh keluarga dapat kumpul di surga. Keluarga merupakan sebuah pondasi awal yang akan melahirkan dan membentuk generasi dalam Islam selanjutnya. Dari keluargalah akan dibentuk seorang anak yang memiliki akhlak yang baik atau buruk.

 

 

Oleh sebab itu setiap keluarga hendaknya berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits sehingga keluarga tersebut akan selalu berada dalam naungan Allah Swt. Dengan demikian akan membawa mereka menuju surga.

 

 

Keluarga yang sakindah,mawadah dan penuh rahmah bukan hanya akan menjadi hiasan dan kebahagian selama di dunia semata. Jika kita selalu istiqamah maka kebahagian dan kebersamaan tersebut juga akan terbawa hingga ke akhirat kelak.

 

 

 

Hal ini sebagaimana firman Allah Swt dalam surah At-Thuur ayat 21 bahwa akan ada orang-orang yang akan dikumpulkan di dalam surga bersama dengan anak cucu mereka. Namun tentu tidak semua orang atau keluarga bisa mendapatkan keistimewaan ini. Sebab hanya orang-orang atau keluarga tertentulah yang bisa mendapatkannya dan inilah ciri-ciri keluarga calon penghuni surga itu:

 

  1. Menjauhi diri dari siksa api neraka

 

Kebaikan keluarga akan berpengaruh kepada kebaikan masyarakat, dan kebaikan masyarakat akan berpengaruh kepada kebaikan negara. Oleh karena itulah agama Islam banyak memberikan perhatian masalah perbaikan keluarga. Di antara perhatian Islam adalah bahwa seorang laki-laki, yang merupakan kepala rumah tangga, harus menjaga diri dan keluarganya dari segala perkara yang akan menghantarkan menuju neraka. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt :

 

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allâh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (QS.At-Tahrim:6)

 

 

  1. Memiliki iman yang kokoh

 

Calon penghuni surga adalah yang anggota keluarganya memiliki iman yang kokoh kepada Allah Swt. Sebab hal ini merupakan modal utama membangun rumah tangga untuk menggapai surga. Pasalnya tanpa landasan iman yang kuat maka keluarga kita bisa terpuruk selamanya. Sebagimana firman Allah SWT dalam surah bahwa,

 

 

Dan orang-orang yang beriman dan anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka (maksudnya: anak cucu mereka yang beriman itu ditinggikan Allah derajatnya sebagai derajat bapak-bapak mereka dalam surga) dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala ama mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya”. (QS.At-Thuur: 21)

 

 

  1. Anggota keluarga tersebut gemar beramal shaleh

 

Ciri keluarga penghuni surga yang kedua adalah mereka yang gemar beramal shaleh. Setiap muslim diwajibkan untuk selalu beramal shaleh. Sebab selain perbuatan yang disenangi oleh Allah Swt, maka pelakunya pun akan diberikan ganjaran berupa pahala yang berlimpah.  Selain itu ada dua cara yang bisa dilakukan agar setiap anggota keluarga gemar beramal shaleh.

 

 

Pertama, harus ada Qudwah Hasanah atau suri teladan yang baik dari pemimpin keluarga. Tidak bisa dipungkiri bahwa kepala keluarga memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter anggota keluarga. Sebab seorang kepala keluarga merupakan suri tauladan bagi anggota keluarganya. Sehingga apabila seorang kepala keluarga bisa memberikan contoh yang baik, maka anggota keluarganya pun akan mengikuti. Begitu pula sebaliknya.

 

 

Kedua, saling tolong menolong dalam kebaikan dan kesabaran. Dalam hal ini setiap anggota keluarga harus saling melengkapi agar tercipta kerukunan, perdamaian dan senang untuk beribadah kepada Allah Swt. sebagaimana firman-Nya:

 

 

Hendaklah kamu tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan, dan janganlah saling membantu dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras dalam hukuman-Nya.” (QS.Al-Maidah: 2)

 

  1. Saling menasehati dalam kebenaran

 

Salah satu pintu menuju keistiqomahan adalah saling menasehati dalam haq dan kebenaran. Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang keimanan seseorang bisa naik dan juga turun. Sehingga dengan adanya nasehat dan motivasi dalam kebenaran antara anggota keluarga dapat memberikan dampak yang baik dan semmangat baru dalam beribadah. Seperti yang telah diperintahkan Allah Swt:

 

kecuali orang-orang beriman dan me­nger­jakan kebajikan, serta saling mena­sihati untuk kebenaran dan kesabaran,”(QS.Al-Asr: 3)

 

BACA JUGA: Ciri Para Penghuni Neraka

 

  1. Menjunjung tinggi kitabullah (Al-Qur’an) dan sunaah Rasulullah Saw (Hadis)

 

Sebuah keluarga yang menjunjung tinggi kitabullah dan sunnah Rasulullah SAW tentunya akan bertindak dan bersikap sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sebab mereka selalu berpegang teguh dan menjunjung tinggi apa yang telah ditetapkan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah Saw:

 

Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya”. (HR. Malik, Al-Hakim, Al-Baihaqi, Ibnu Nashr dan Ibnu Hazm)

 

Semoga dengan mengetahui hal ini kita bisa mencontohnya dan menerapkan dalam kehidupan keluarga sehari-hari. Dengan demikian kita dan keluarga bisa mendapatkan keistimewaan menjadi salah satu keluarga calon penghuni surga. Amiin. [ ]

 

Disarikan dari buku ” MANUSIA – MANUSIA SURGA ” karangan Tate Qomaruddin

5

Red: ali

Editor: iman

Ilustrasi foto:  norman

890

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 363 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment