Hukum Sholat di Atas Kasur, Boleh atau Terlarang ?

Assalamu’alaykum. Pak Aam, apa benar tidak boleh shalat di atas kasur? Saya suka melakukannya, karena nyaman, kasurnya bersih dan juga tidak pernah anak yang mengompol diatasnya. Mohon penjelasannya dan terima kasih. ( Tanti via fb)

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Dalam keadaan darurat misalnya sedang sakit maka shalat dikasur boleh. Namun jika dalam keadaan sehat  dan sangat memungkinkan Anda melakukan shalat ditempat lain yang lebih utama misalnya dimushola rumah maka sebaiknya Anda tidak shalat kasur.

 

 

Kalau alasan Anda hanya karena merasa nyaman, bersih dan tidak ada najis maka alasan tersebut tidak bisa dibenarkan secara syar’i.  Sebenarnya untuk apa Anda sholat di kasur kalau memang masih ada ruang di pinggir kasur. Jadi sholat di kasur itu kalau darurat, tidak apa-apa.

 

 

Tetapi kalau Anda membiasakan diri sholat dikasur maka itu tidak dibenarkan. Apa susahnya Anda sholat tidak di kasur? Karena kalau di kasur kan ruku atau sujudnya jadi tidak sempurna posisinya.

 

 

 

Bisa dibayangkan sholat di kasur seperti apa. Nah kalau Anda ini dibiasakan bukan karena darurat atau sakit, disengaja sholat di kasur. Nah itu tidak diperbolehkan dari sisi menganggu kekhusyuan. Bahkan sebaiknya kalau memang ibu-ibu ini kan afdolnya sholat dirumah, justru pindah-pindah sholat itu. karena katanya bekas sholat kita itu akan jadi saksi. Anda lihat di surat Yasin ayat 65 :

 

 

 

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.”

 

 

BACA JUGA: Hukum Sholat Celana Diatas Mata Kaki, Wajib atau Sunnah ?

 

 

Jadi kalau Anda tidak punya mushola khusu di rumah, Anda bisa sholat di kamar Anda, sholat berikutnya di ruang tamu, berikutnya lagi di ruangan lain. Pindah-pindah, itu yang afdol.

 

 

Jadi menurut saya kalau memang ada yang menyatakan tidak boleh sholat di kasur itu karena memang  persoalannya menganggu kekhusyuan. Bahkan dalam hal ini ada unsur kemalasan saja, maka tidak diperbolehkan.

 

 

Kecuali kalau Anda sakit, sholatnya juga sambil duduk atau berbaring itu tidak apa-apa karena ada alasan medis. Sebab  dalam sebuah hadits dijelaskan,

 

 

“Sholatlah dengan berdiri, apabila tidak mampu maka duduklah dan bila tidak mampu juga maka berbaringlah.” (HR al-Bukhari no. 1117)

 

 

Jadi sekali lagi kalau alasan Anda shalat dikasur hanya karena merasa nyaman, bersih dan tidak ada najis maka itu tidak dibolehkan. Kecuali jika dalam keadaan sakit yang tidak memungkinkan shalat diluar tempat tidur. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait pembahasan bab shalat ini lebih detail berikut dalilnya, Anda, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat berikut contoh-contohnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

850

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 775 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment