Hasil Studi, Depresi Mempercepat Proses Penuaan

 

PERCIKANIMAN.ID – – Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang hidup dengan gangguan depresi besar secara biologis akan lebih cepat tua daripada orang tanpa depresi. Hal ini juga didukung masa lalu bahwa trauma pada masa kanak-kanak akan memperparah efek ini. Hasilnya menerangi mekanisme epigenetik yang mungkin menjelaskan perbedaan ini.

 

 

Seperti diketahui depresi berat adalah salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum yang terjadi di Amerika Serikat. Faktanya, lebih dari 16 juta orang dewasa akan mengalami setidaknya satu episode depresi besar selama setahun terakhir ini.

 

 

Kondisi ini telah dikaitkan dengan berbagai hasil buruk lainnya, dari rentang hidup yang lebih pendek hingga risiko masalah kardiovaskular yang lebih tinggi.

 

 

Hasil penelitian baru juga menunjukkan bahwa depresi berat bisa juga akan mengalami penuaan dini.  Hal ini disampaikan para ilmuwan yang dipimpin oleh Laura Han – dari Pusat Medis Universitas Amsterdam di Belanda yang mempelajari struktur DNA orang-orang dengan depresi dan membuat penemuan yang menarik.

 

 

Han dan rekan menemukan bahwa DNA orang dengan depresi berat lebih tua 8 bulan, rata-rata, daripada orang yang tidak memiliki kondisi depresi.

 

Para peneliti mempresentasikan temuan mereka di konferensi European College of Neuropsychopharmacology , yang diadakan di Barcelona, ​​Spanyol, dan mereka mempublikasikan penelitian mereka di American Journal of Psychiatry belum lama ini, seperti dilansir medicalnewstoday.com, Rabu (10/10/2018)

 

Efek penuaan dini ini lebih signifikan pada orang-orang yang memiliki pengalaman masa kecil yang merugikan, seperti kekerasan, trauma, kelalaian, atau pelecehan.

 

Di AS, hampir 35 juta anak telah mengalami beberapa bentuk trauma, menurut survei nasional. Itu hampir setengah dari populasi anak bangsa.

 

Han dan rekan memeriksa DNA dari 811 orang dengan depresi dan 319 orang tanpa. Para peserta terdaftar di Belanda Studi Depresi dan Kecemasan.

 

BACA JUGA: Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan

 

Dengan menggunakan sampel darah, para peneliti memeriksa bagaimana DNA peserta berubah seiring bertambahnya usia. Studi ini mengungkapkan bahwa perubahan epigenetik terjadi lebih cepat pada orang dengan depresi.

 

Epigenetik adalah studi tentang perubahan ekspresi gen yang tidak mempengaruhi urutan DNA. Perubahan tersebut dapat terjadi sebagai akibat dari banyak faktor, termasuk lingkungan dan gaya hidup.[ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

840

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 57 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment