8 Manfaat Belimbing, Bikin Kulit Cantik Hingga Cegah Kanker

0
564

 

PERCIKANIMAN.ID – – Mengonsumsi buah-buahan setiap hari tentu naik untuk kesehatan, buah dapat memenuhi kebutuhan serat harian dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah secara seimbang setiap hari agar tubuh dapat mengambil seluruh manfaat positif dari buah-buahan.

 

 

Namun, beberapa dari Anda mungkin masih bingung dengan buah apa yang baik untuk dikonsumsi. Beberapa buah seperti, apel, melon, pepaya, semangka, pir, dan anggur mungkin sudah membosankan. Lantas buah, apakah yang bisa menjadi alternatif untuk dikonsumsi?

 

 

Ya, belimbing merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi. Memang mencari belimbing gampang-gampang susah. Tapi jika Anda menanamnya sendiri, maka mengonsumsi belimbing mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh.

 

Belimbing kaya akan serat dan antioksidan, mereka juga memiliki kalsium, vitamin, sodium, kalori dan lain sebagainya. Melansir dari Boldsky, berikut ini manfaat yang diperoleh tubuh apabila mengonsumsi belimbing setiap hari.

 

  1. Mencegah kanker

 

Para peneliti menemukan bahwa belimbing merupakan buah antikanker yang manjur. Ini mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas serta menghilangkannya dari tubuh untuk mencegah kanker hati.

 

Selain itu, buah berbentuk bintang ini mengandung banyak serat yang membantu membersihkan usus besar, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar.

 

 

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

 

Kandungan besar vitamin C dalam buah belimbing membuatnya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan batuk, demam, bisul dan sakit tenggorokan secara efektif. Menambahkan potongan belimbing ke smoothie akan menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi pada tingkat tinggi dan juga meningkatkan produksi sel darah putih.

 

 

  1. Menjaga kesehatan jantung

 

Buah belimbing memiliki banyak kalium dan natrium, yang membantu dalam menjaga tekanan darah. Tingkat tekanan darah normal sangat penting untuk menjaga jantung berfungsi dengan baik dan juga memastikan detak jantung teratur dan aliran darah yang sehat.

 

 

  1. Baik untuk menurunkan berat badan

 

Belimbing hanya mengandung 31 kalori yang tidak akan membahayakan peningkatan berat badan Anda. belimbing juga memiliki serat yang membuat perut Anda kenyang. Hal ini dapat membantu mempercepat metabolisme Anda yang membantu mengurangi berat badan ekstra. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang Anda bakar dan semakin mudah menurunkan berat badan.

 

 

  1. Memperbaiki sistem pencernaan

 

Serat sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat. Buah ini merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan yang mengurangi sembelit, kram, diare dan kembung.

 

Selain itu, meningkatkan penyerapan nutrisi dan bioavailabilitas vitamin dan mineral penting lainnya. Belimbing memiliki sifat anti-peradangan yang dapat mengobati bisul perut juga.

 

 

  1. Mengatasi masalah kulit

 

Belimbing memiliki sifat antimikroba dan sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim. Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi belimbing.

 

 

BACA JUGA: Tips Kulit Cantik dan Sehat

 

 

  1. Ramah diabetes

 

Kehadiran serat dalam belimbing memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah setelah makan makanan. Serat ini akan membantu dalam mengontrol kadar insulin dalam tubuh membuat buah belimbing buah besar untuk penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko mengembangkan kondisi tersebut.

 

 

  1. Menjaga kulit dan rambut sehat

 

Belimbing memiliki banyak antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Konsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan dan itu juga akan menguntungkan pertumbuhan rambut. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

840

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman