Tempat Terlarang Untuk Shalat, 3 Lokasi Ini Harus Diperhatikan

 

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saat ini saya sedang studi di luar negeri atau di kawasan Eropa. Terkait dengan dengan tempat yang terlarang untuk shalat itu daerah mana saja?.Apakah kalau didaerah yang penduduknya non muslim kita tidak boleh shalat? Saat ini saya tinggal atau kost di rumah non muslim. Mohon penjelasannya dan terima kasih. ( Bony via fb )

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Begini, memang ada hadits yang menunjukkan tempat-tempat yang terlarang untuk mengerjakan shalat.

 

 

Namun tempat yang dimaksud bukan menunjukkan wilayah Negara atau wilayah pemerintahan. Tetapi tempat yang lebih spesifik . Hal ini seperti diterangkan dalam hadits Rasul

 

 

Ada dalam beberapa hadits shahih, dimana terdapat beberapa keterangan mengenai tempat yang terlarang bagi kita untuk mengerjakan shalat, yaitu sebagai berikut.

 

 

Pertama, kuburan dan kamar mandi.

 

Larangan ini berdasarkan pada keterangan dalam hadits dimana sabda Rasulullah Saw. dalam sebuah haditsnya,

 

Seluruh bumi ini adalah masjid kecuali kuburan dan kamar mandi” (H.R. Abu Daud).

 

 

Kedua, tempat ibadah agama lain, terlebih tempat yang terdapat patung di dalamnya.

 

Hal ini berdasarkan hadits dari Umar r.a. yang berkata dimana Rasul bersabda, “Kami tidak mau memasuki gereja kalian (shalat) disebabkan patung-patung yang terdapat di dalamnya, yakni gambar-gambar.” (H.R. Bukhari)

 

 

Ketiga, kandangan unta.

Larangan ini berdasarkan hadits dari Abu Hurairah ra yang berkata, telah bersabda Rasulullah Saw.,

Kalian boleh shalat di kandang kambing, tetapi jangan shalat di kandang unta.” (H.R. Tirmidzi)

Selain itu, ada pula keterangan yang menyebutkan tempat-tempat yang sangat tidak layak dijadikan tempat shalat, sebersih apa pun tempat tersebut, yaitu shalat di tempat pembuangan sampah dan tempat berlalu-lalangnya orang-orang. Walaupun hadis-hadis tersebut dinilai dhaif, tetapi masih bisa digunakan karena tempat-tempat tersebut memang tidak pantas dijadikan sebagai tempat shalat.

 

 

Jadi, Anda yang sedang belajar di negeri orang atau luar negeri termasuk Eropa tetap boleh bahkan harus mengerjakan shalat. Sekali pun disitu mayoritas penduduknya non muslim. Anda boleh shalat ditempat kost kalau sulit mencari masjid atau mushola.

 

 

Asal tempatnya tersebut bersih dan tidak ada najis maka Anda boleh mengerjakan shalat, termasuk di kendaraan.  Atau ditempat kost Anda yang non muslim sekali pun, Anda boleh shalat. Yang terlarang di tempat ibadah (gereja) mereka yang ada atau penuh patung. Tetapi kalau di rumah atau dikamar kost yang pemilihnya non muslim, selama bersih dari najis atau kotoran maka Anda boleh shalat.

 

BACA JUGA: Ini Waktu-waktu Terlarang Untuk Shalat

 

Anda bisa berdakwah kepada mereka meski tanpa ceramah. Anda tetap shalat dan mungkin mereka tahu bahwa Anda sedang ibadah maka bisa jadi ini menjadi wasilah mereka dapat hidayah. Sebab, dari apa yang mereka lihat kemudian mereka bertanya dan diskusi sehingga paham dan mengerti bahwa ibadahnya orang Islam itu dengan shalat seperti yang Anda kerjakan. Siapa tahu hidayah bisa datang kepada mereka. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait dengan ibadah atau shalat-shalat sunnah yang bisa menuntun kita ke surga, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNAT”. Didalamnya ada contoh dan penjelasannya serta dalil yang insya Allah shahih. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: medinatribune

890

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 1,856 times, 8 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment