Sabar Dan Syukur Kunci Sukses, Begini Caranya

rezeki jualan

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Kehidupan manusia ibaratnya sebuah roda, kadang di atas dan tidak selamanya di bawah. Saat di atas sering ditafsirkan sebagai saat bahagia atau dalam kesenangan hidup. Sementara saat di bawah dimaknai sebagai sebuah penderitaan dan segala bentuk kesusahan hidup yang mendera.

 

 

 

Namun bagi seorang yang beriman dimanapun posisinya akan selalu dimaknai dengan kebaikan dan menjadikan ladang amal shalih. Apa pun kondisinya atau dimanapun posisi hidup berada maka bagi orang yang beriman dan bertakwa adalah sama saja, yaitu selalu menjadi ladang mendulang pahala.

 

 

 

Caranya bagaimana ? Seperti yang diajarkan Rasul adalah dengan sikap sabar dan syukur. Sabar saat ditimpa ketidaksenangan hidup dan senantiasa bersyukur saat hidup penuh dengan kebahagiaan. Hal ini seperti yang disampaikan Rasulullah Saw dalam haditsnya,

 

 

عَنْ صُهَيْبٍ قَالَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

 

 

Dari Shuhaib ra berkata, Rasulullah Saw bersabda : “Amat menakjubkan urusan seorang Mukmin karena setiap urusannya adalah baik dan itu tidak akan berlaku kepada seorang pun kecuali kepada seorang Mukmin (yang sempurna keimanannya). Jika dia mendapat sesuatu yang mengembirakan dia bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya. Jika dia ditimpa kesusahan dia bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya.” (HR Muslim No: 2999)

 

 

Menurut para ulama hadits, dalam hadits nasihat Rasulullah ini ada beberapa hikmah yang dapat diambil. Dengan memahami hikmahnya maka seorang muslim akan bersikap,

 

  1. Setiap Mukmin yang sempurna keimanannya akan sentiasa mendapat kebaikan dalam urusannya kerana dia sentiasa bersyukur. Manakala apabila ditimpa kesusahan dia bersabar dengan ujian tersebut kerana dengan kesabaran itu dapat menaikkan kedudukannya serta dianugerahkan pahala tanpa batasan daripada Allah SWT.

 

  1. Seseorang yang tidak beriman akan ditimpa musibah karena hatinya sentiasa ber keluh kesah, tidak siap menerima ujian. Padahal di setiap level kehidupan bila ingin naik kedudukan harus melalui ujian.

 

  1. Ketika seseorang mendapat kebaikan bersyukur itu baik baginya dan bersabar apabila ditimpa musibah itupun baik untuk nya. Sabar dan syukur ketika ditempatkan secara proporsional akan mengantarkan pada   ketenangan dan kebahagiaan hidup.

 

 

BACA JUGA: 7 Kunci Agar Lulus Ujian Hidup

 

 

Inilah salah satu keuntungan dan kebesar seorang muslim yang mempunyai jiwa keimanan dan ketakwaan dalam hidupnya. Apa pun yang terjadi dalam hidup senantiasa disikapi dengan baik sangka kepada Allah. Jadi jangan tertipu dengan kenikmatan hidup atau pun sesengsaraan hidup. Sebab baik senang atau pun susah semua ada ujian. Berdoa adalah cara yang dianjurkan Allah dan Rasul-Nya.  [ ]

 

Disarikan dari buku “ Doa Orang – Orang Sukses “ karya Dr. Aam Amiruddin, MSi.

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

984

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 300 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment