Pahala dan Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram

PERCIKANIMAN.ID – –  Setiap tanggal 10 Muharram kaum muslimin disunnahkan untuk melakukan puasa. Puasa ini juga disebut dengan puasa Asyura.

 

 

Salah satu keutamaan puasa Asyura adalah dihapuskannya dosa-dosa setahun yang lalu. Dengan mengetahui keutamaannya yang luar biasa ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan puasa Asyura ini.

 

 

Keutamaan puasa Asyura yang dapat menghapus dosa-dosa setahun lalu tersebut diungkapkan dalam hadits dimana   Abu Qatadah Al Anshariy berkata,

 

 

Nabi shallallahu’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

 

 

Luar biasa bukan? Siapa yang menjamin bahwa selama setahun kita tidak mempunyai dosa ?. Kemudian siapa yang dapat menjamin bahwa usia kita akan sampai pada 10 Muharram  tahun yang datang ?.

 

 

Jika demikian maka sudah sewajarnya kita bergegas menyambut dan melakukan amal kebaikan untuk bekal kehidupan akhirat nanti salah satunya yakni dengan puasa Asyura ini.

 

 

Melihat betapa istimewa hari Asyura, maka sudah sepantasnya umat Islam menjalankan ibadah puasa Asyura 10 Muharram.

 

 

BACA JUGA: Pahala Puasa Tasu’a

 

 

Puasa Asyura menjadikan momen tersebut untuk meniru akhlak para nabi dan rasul, akhlak yang mulia, lemah lembut, dan menjunjung tinggi kasih sayang, dan kerukunan serta saling membantu dan peduli kepada sesama khususnya kaum muslimin dalam bingkai ukhuwah islamiyah. [ ]

Dihimpun dari berbagai sumber

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: rits

890

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 197 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment