MUI Sayangkan Putusan MA Soal Mantan Koruptor Boleh Nyaleg  

PERCIKANIMAN.ID – –  Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan uji materi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018. Di mana, partai politik bisa mencalonkan lagi mantan narapidana korupsi sebagai calon anggota legislatif.

 

 

“Hal ini menunjukkan bahwa korupsi belum dianggap sebagai musuh bersama dan menjadi sinyalemen krisis yang bisa berakibat fatal bagi kehidupan bangsa Indonesia,” ungkap Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi  seperti dilansir Okezone, Rabu (19/9/2018).

 

 

Ia menambahkan, dengan dibatalkannya pasal tentang caleg koruptor dalam PKPU tersebut, pihak MUI mendesak DPR dan pemerintah segera melakukan perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

 

 

“Agar dalam perubahan tersebut memasukkan pengaturan tentang bakal calon anggota legislatif tidak boleh berasal dari mantan narapidana kasus korupsi,” tegas Zainut.

 

 

Selain itu, ia juga mengutarakan bilamana MUI mengimbau kepada masyarakat untuk cermat dalam memilih pemimpin, khususnya calon anggota legislatif, agar tidak memilih sosok yang memiliki sejarah kasus korupsi.

 

 

“Hal ini semata untuk menyelamatkan bangsa dari kehancuran dan bencana,” jelasnya.

 

 

Sebagaimana diketahui Mahkamah Agung (MA) telah memutus uji materi pasal 4 ayat 3 Peraturan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, serta uji materi pasal 60 huruf j PKPU nomor 26 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Anggota DPD.

 

 

Dalam putusannya, MA menyatakan bahwa larangan mantan narapidana kasus korupsi menjadi caleg bertentangan dengan Undang-Undang Pemilu nomor 7 tahun 2017. Putusan tersebut berakibat pada berubahnya status Tidak Memenuhi Syarat (TMS) bakal caleg napi korupsi menjadi Memenuhi Syarat (MS).

 

 

Dengan demikian atas putusan MA tersebut seorang mantan napi korupsi diperbolehkan untuk maju sebagai calon wakil rakyat dalam pemilu legislative (pileg) tahun 2019. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: kpk

860

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 34 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment