Waktu Shalat Isya Terlalu Malam Untuk Anak, Begini Cara Mendisplinkan Ibadahnya

anak shalat

Assalamu’alaykum, Pak Aam, saat ini saya  dan keluarga tinggal di Kanada untuk beberapa tahun. Menurut waktu ibadah disini shalat Isya nya sekira pukul. 21.50 waktu Kanada atau hampir pukul 10 malam. Sementara anak saya biasa tidur antara pukul 20.00 – 21.00 malam .Bagaimana cara mengatur shalat Isya nya yang belum baligh. Apakah saya harus menahannya untuk sholat Isya dulu sebelum tidur ? Mohon penjelasannya. (Erdian via email)

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Begini, karena anak Anda itu berusia 7 tahun dan belum baligh dan Anda membiasakan untuk menunaikan sholat wajib itu luar biasa sekali. Namun disatu sisi anak itu juga butuh disiplin tidur atau waktu istirahatnya.

 

 

Anda sudah bagus membuat waktu tidurnya jam 8 malam sedangkan jam 5 pagi harus bangun untuk shalat Subuh dan persiapan aktivitas lainnya. Tetapi di Kanada waktu sholat Isya hampir jam 10 malam. Tentu ini terlalu malam untuk ukuran anak yang usianya masih 7 tahunan.

 

Sementara shalat adalah ibadah yang telah ditentukan waktunya. Hal ini sesuai yang diperintahkan Allah,

 

إِنَّ الصَّلاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَاباً مَوْقُوتاً

 

Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa: 103)

 

 

Lalu bagaimana dengan kondisi di Kanada dan mengatur shalat anak khususnya shalat Isya?. Begini, menurut hemat saya karena anak Anda belum sepenuhnya baligh dan masih dalam tahap pendisiplinan maka  ditarik saja sholat Isya nya setalah Maghrib.

 

 

Ini sekaligus pendidikan atau pembelajaran pada anak, sambil Anda dijelaskan bahwa sholat itu bisa di jamak atau disatukan atau ditarik waktunya dalam keadaan tertentu. Hal ini tentu sebagai upaya disiplin ibadah khsusunya shalat Isya namun juga tidak menganggu waktu tidurnya.

 

 

Jadi selesai sholat Maghrib, jeda sebentar. Iqomah lagi lanjut sholat Isya. Kemudian  jam 8 malam sudah bisa tidur dan jam 5 dibangunkan lagi untuk menunaikan ibadah Subuh. Insya Allah dengan cara ini ada dua hal yang akan didapat yakni shalat tetap dilaksanakan dan jam tidur tidak terganggu.

 

 

Lain halnya jika anak itu sudah baligh. Anak itu harus diajarkan secara real, yang benar-benar nyata. Tentu saja bisa diatur lagi waktu tidurnya, bisa jadi setelah sholat Isya langsung tidur. Tentu apa yang Anda kerjakan atau lakukan kepada anak Anda sudah bagus bahwa ibadah shalat jangan sampaik terlewatkan dalam keadaan apapun.

 

 

Sebagai seorang ayah sekaligus kepala keluarga, Anda harus membawa diri dan keluarga untuk taat kepada Allah. Membimbingnya memperoleh keridhoan Allah dengan pahala surga dan menjaga diri dan keluarga dari siksa neraka. Coba perhatikan pesan Allah,

 

 

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

 

 

BACA JUGA: Mengajak Anak Sholat Jumat, Perhatikan Ini Adabnya

 

 

Inilah salah satu kewajiban orangtua khususnya seorang ayah atau suami. Semoga apa yang kita lakukan senantiasa dalam bimbingan dan ridho Allah sehingga anak-anak kita menjadi anak yang shalih dan shalihah. Taat kepada Allah dan berbakti kepada ayah ibunya. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait pembahasan bab shalat ini lebih detail berikut dalilnya, Anda, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat berikut contoh-contohnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

(Visited 198 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment