10 Jenis dan Tren Diet Yang Perlu Anda Ketahui

PERCIKANIMAN.ID – – Memiliki tubuh ideal menjadi impian semua orang. Bukan hanya semata-mata untuk alasan kecantikan, tetapi juga kesehatan. Banyak cara untuk memiliki tubuh ideal dan sehat, mulai dari olahraga, berpikir positif hingga berdiet. Berikut beberapa cara diet yang sering dijalani menurut survei Litbang Koran Sindo.

 

 

  1. Diet Vegetarian

 

Diet vegetarian ini menjadi salah satu diet yang populer dan seringkali dilakukan. Orang yang melakukan diet ini hanya makan makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi produk olahan dari hewan. Diet ini diyakini baik untuk kesehatan tubuh dan sangat membantu menurunkan berat badan.

 

  1. Diet Nasi Merah

 

Kandungan gula dalam nasi putih bisa menyebabkan diabetes dan penyakit lainnya. Hal tersebut membuat beberapa masyarakat beralih menggunakan beras merah sebagai penggantinya.Meskipun rasa dari nasi merah berbeda dari nasi putih, memang diperlukan penyesuaian saat hendak melakukan diet ini. Beras merah mengandung lebih banyak serat dari gula dan bisa dijadikan menu untuk diet.

 

  1. Diet Mayo

 

Diet ini membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Makanan yang bisa dimakan adalah makanan yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Menunya didominasi oleh sayur dan sumber protein tanpa nasi dan tidak menggunakan garam. Diet mayo ini bisa cepat menurunkan berat badan karena berkurangnya asupan karbohidrat bagi tubuh.

 

  1. Diet Nasi Putih

 

Diet nasi putih menjadi salah satu pilihan diet yang biasa dilakukan. Prinsip dari diet ini adalah mengurangi asupan karbohidrat dari nasi. Meskipun mengurangi karbohidrat, ada banyak menu makanan lain yang bisa dimakan sebagai penggantinya. Singkong, ubi, roti gandum, sayuran, buah, jagung, singkong dan masih banyak lagi lainnya.

 

  1. Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)

 

Diet ini dikenalkan oleh seorang public figure Indonesia, yaitu Deddy Corbuzier. Berbeda dengan diet lainnya yang tidak boleh memakan makanan tertentu, diet OCD justru memperbolehkan makan apa saja asalkan tidak rakus atau berlebihan. Untuk melakukannya juga ada tahapan-tahapannya agar tubuh tidak kaget dengan perubahan pola makan.

 

  1. Diet Buah

 

Diet buah ini adalah mengganti camilan dengan buah. Beberapa orang menjadi gemuk karena gemar ‘ngemil’. Beberapa buah baik untuk dikonsumsi sebagai camilan pengganti yang sehat. Apel, stroberi, pisang, plum, kiwi, melon dan buah lainnya bisa dikonsumsi sebagai camilan.

 

  1. Diet Karbo

 

Diet karbo atau diet karbohidrat adalah diet yang mengurangi asupan makanan mengandung karbohidrat. Nasi, roti, beras, pasta dan makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi menjadi makanan yang harus dihindari. Tidak bisa sembarangan, diet ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan setiap asupan makanan.

 

  1. Diet Rendah Lemak

 

Diet ini dipercaya baik untuk kesehatan tubuh karena menghindari lemak yang bisa mendatangkan penyakit bagi tubuh. Karena adanya lemak baik, tidak semua lemak harus dihindari. Makanan yang mengandung lemak baik boleh dikonsumsi namun dalam jumlah yang sudah diatur.

 

 

BACA JUGA: Tips Merawat Kulit Cantik Selama Hamil

 

 

  1. Diet Jeruk Nipis

 

Sebagai buah yang mengandung vitamin C tinggi, jeruk nipis seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan diet. Diet jeruk nipis juga diyakini ampuh untuk menurunkan berat badan. Untuk melakukannya, diet jeruk nipis ini perlu memperhatikan beberapa hal yang sangat penting. Pastikan lambung Anda sehat, tidak memiliki riwayat sakit maag.

 

10. Diet Makanan Tanpa Rasa

 

Diet selanjutnya yang biasa dilakukan adalah diet makanan tanpa rasa. Dengan tidak menggunakan garam dan gula pada makanan ternyata efektif untuk menurunkan berat badan. Garam bisa digantikan dengan bahan masakan lainnya yang menyehatkan. Minyak zaitun misalnya. Lada hitam, oregano, basil, daun salam, kemangi, dan rempah-rempah lainnya juga bisa menambah cita rasa dalam masakan. Selamat memilih.[ ]

Sumber: okezone

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

950

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 79 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment