Cara Bersikap Dengan Tetangga Yang Non-Muslim, 8 Hal Ini Perlu Dicoba

PERCIKANIMAN.ID – –  Manusia hidup pastinya mempunyai tetangga. Namun sebagai muslim belum tentu tetangga kita semua muslim. Mungkin ada yang tinggal dilingkungan yang heterogen dengan berbagai agama.

 

 

Tetangga memiliki kedudukan spesial dalam Islam. Rasulullah mencontohkan umatnya untuk bersikap baik kepada tetangga. Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

 

Tidak masuk surga seseorang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya”. (HR.Bukhari dan Muslim)

 

Tidak hanya dengan tetangga sesama Muslim saja, tapi juga dengan tetangga non Muslim kita harus baik selama mereka tidak menunjukkan sikap permusuhan. Dilansir dari Muslim Village, Selasa (5/9/2018), berikut ini beberapa adab bertetangga dengan non Muslim.

 

  1. Bersikap baik

Bersikap bukan hanya dengan tetangga sesama muslim saja, yang tidak hanya terbatas pada mereka yang satu gedung dengan Anda. Teman sekamar Anda di asrama adalah tetangga Anda; orang yang duduk di belakang Anda atau di samping Anda di bus atau di halte bus adalah tetangga Anda; bahkan orang yang menikmati udara segar di sebelah Anda di taman umum juga tetangga. Anda harus memperlakukan semua orang dengan baik hati.

 

  1. Perkenalkan diri dan keluarga Anda

Ketika Anda pindah rumah maka tidak ada salahnya Anda berkenalan kepada tetangga sebagai warga baru dilingkungan tersebut. Begitu pun ketika Anda pindah ke tempat baru atau ketika tetangga baru pindah. Ini akan membantu meringankan ketakutan atau ketegangan yang mungkin mereka miliki tentang Muslim. Juga, jangan lupa untuk mengucapkan selamat tinggal ketika Anda atau mereka pindah.

 

  1. Teruslah bersikap baik kepada mereka

Berbuat baik bukan saat dekat saja atau terutama pada saat mereka membutuhkan dan ditimpa kesusahan. Jika tetangga Anda orang tua atau sakit kronis, Anda bisa menawarkan untuk membantunya ke toko membeli perlengkapan sehari-hari atau semacamnya.

 

  1. Tetap menjaga akhlak seorang muslim.

Kendati bersosialisasi dengan non-Muslim, jangan terlalu bersikap lunak dengan mengorbankan keyakinan atau prinsip-prinsip. Misalnya, jangan pergi keluar minum minuman beralkohol dengan mereka. Mereka akan lebih menghormati apabila Anda berpegang teguh pada prinsip-prinsip Islam dibanding tampak nyata melanggar aturan.

 

  1. Berbagi ide.

Selain berbagi ide, mengundang mereka untuk makan malam pada akhir pekan atau menerima undangan mereka juga bisa menjadi alternatif. Asalkan, Anda harus tetap ingat batasan halal-haram saat makan bersama.

 

  1. Berkunjung

Perlu sesekali saling mengunjungi satu sama lain supaya keluarga dapat berinteraksi dengan cara yang konstruktif. Jika diskusi masuk pada soal agama, fokus pada kesamaan. Misalnya, jika Anda tetangga Kristen, Anda tidak perlu masuk ke dalam argumen tentang apakah Yesus penjelmaan Allah atau bukan. Sebaliknya, beritahu mereka sampai sejauh mana Islam menghormati semua Nabi dan Rasul. Muslim juga meyakini Nabi Isa sebagai Nabi Allah.

 

 

BACA JUGA: Cara Bersikap Kepada Mertua Yang Non Muslim

 

 

  1. Bersosialisasi

Saat bersosialisasi dengan tetangga, hadir dienul Islam dengan cara terbaik. Jika Anda dihadapkan pada pertanyaan yang sulit atau distorsif tentang Islam, jangan malu untuk berhenti dan memberitahu mereka bahwa Anda akan mencoba mencari tahu tentang masalah itu.

 

  1. Beri respon yang positif.

Jika tetangga Anda menunjukkan minat dalam Islam, undang mereka untuk menghadiri acara-acara keislaman dan temani ke masjid untuk melihat suasana di sana. Mungkin hati mereka menjadi melunak. Jika dia membutuhkan, Anda boleh meminjami buku-buku keislaman atau Alquran sekali pun untuk mereka baca.  Namun jika mereka tetap non-Muslim, setidaknya Anda telah berhasil memecahkan tembok penghalang. Tunjukkan Anda tetap menghormati keyakinannya dan tetap berakhlak mulia sebagai seorang muslim. Selamat mencoba. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: muslim village

890

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 48 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment