Anak Nonton Film Tak Sesuai Usianya ? Ini Dampaknya

PERCIKANIMAN.ID – – Kadang, karena beberapa alasan orang tua terpaksa mengajak anak nonton film di bioskop. Eits, tapi kita juga perlu memperhatikan kategori filmnya untuk usia berapa ya, Bun.

 

 

Psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan UI, Vera Itabiliana menjelaskan ada beberapa dampak yang anak alami kalau nonton film tidak sesuai dengan usianya. Pertama tentu saja anak nggak bisa menikmati film tersebut hingga dia bosan kemudian cranky di bioskop dan malah ganggu kesenangan penonton lain.

 

 

“Kedua, anak bisa belajar hal-hal yang salah. Misal, kalau filmnya terlalu banyak kekerasan atau berbau seksualitas nanti anak mendapat stimulasi yang belum sesuai usianya,” papar Vera dalam suatu acara di bilangan Jakarta Utara beberapa waktu lalu, seperti dilansir detik.com, Ahad (2/9/2019).

 

 

Nah, kalau udah begitu nanti bisa muncul persepsi yang tidak tepat dari anak, Bun. Bisa juga timbul rasa takut dan cemas pada anak karena dia lihat adegan-adegan yang terlalu keras apalagi bila usia anak di bawah usia 12 tahun.

 

 

“Ya anak kan masih belum bisa membedakan mana fantasi, mana yang nyata. Nah, itu kadang-kadang yang membuat mereka jadi takut. Misal, mereka lihat tokoh jahat kemudian di pikiran anak si tokoh jahat ini ngikutin sampai ke ke dunia nyata. Intinya, anak belum paham kalau itu bohongan,” tutur Vera.

 

 

Ya, sebenarnya sah-sah saja kok, Bun, mengajak anak ke bioskop. Vera bilang, orang tua juga butuh hiburan dan refreshing. Apalagi ketika menjadi orang tua kan butuh usaha-usaha tertentu supaya hubungan kita dan pasangan tetap harmonis dan hangat sekalipun udah punya si kecil.

 

 

“Tapi, jadi orang tua juga harus ada komitmen dan pengorbanan. Mau nggak mau akan ada momen di mana orang tua mesti milih, dan akhirnya, oke deh kita nggak boleh egois dan kita nggak boleh mengutamakan kesenangan kita sendiri tapi anak nggak happy,” imbuh Vera.

 

 

BACA JUGA: Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

 

 

Kalau kita mau bersenang-senang dan refreshing ke manapun bareng anak, pastikan juga si kecil aman dan nyaman ya. Walau kadang memang harus ada momen di mana akhirnya orang tua batal nonton bioskop karena anak nggak ada yang jaga. Ya, menurut Vera tiap orang tua harus siap dengan hal-hal seperti itu. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

895

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 50 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment