Memperbanyak Sedekah Di Hari Jum’at, Adakah Dalilnya?

Assalamu’alaykum Pak Aam mau tanya, tentang amalan sunnah di hari Jum’at apakah ada dalilnya untuk memperbanyak sodaqoh di hari Jum’at? (Ika via email)

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Secara pribadi saya belum atau tidak pernah menjumpai dalil khusus yang menganjurkan sedekah di hari Jumat. Jadi shodaqoh atau sedekah itu bisa kapanpun, tidak harus khusus di hari Jum’at.

 

 

Kita perlu membedakan antara shodaqoh atau sedekah dengan infak. Kalau sodaqoh itu, harta yang mencakup segala kebaikan kita terhadap orang lain. Senyum dan keramahan itu sodaqoh, jadi kalau sodaqoh tidak selamanya harus mengeluarkan harta.

 

 

Misalnya kita menyeberangkan orang tua yang sudah sepuh di jalan, itu sudah disebut sodaqoh. Atau orang yang menanyakan jalan pada kita, lalu kita jawab, itu pun sodaqoh.

 

 

Jadi sodaqoh itu segala kebaikan yang kita tujukan pada orang lain, tak selamanya bersifat materi. Memang apabila kita mengeluarkan sejumlah uang untuk meringankan beban orang lain itu disebut sedekah, tapi jangan diartikan sedekah itu hanya dengan uang.

 

 

 

Jadi kalau ada yang mengajak kita untuk memperbanyak sedekah di hari Jum’at, bukan berarti penegasan seolah-olah sedekah itu afdholnya di hari Jum’at. Sedekah itu kapanpun bisa. Bahkan jika seorang istri diajak melakukan hubungan intim oleh suaminya dan dia melakukannya dengan tulus ikhlas, itu pun bagian dari sedekah.

 

 

Lalu suami membantu pekerjaan istri di rumah, itu juga sedekah. Sedekah itu makna nya luas, jadi kapanpun kita bisa mengisinya dengan amalan-amalan terbaik.

 

 

BACA JUGA: Manfaat Sedekah Itu Menyehatkan, Begini Penjelasannya

 

 

Intinya tradisi di masyarakat kita dengan memberikan infaq atau sedekah setiap Jumatan atau di hari Jumat, insyaaAllah termasuk tradisi yang baik. Meskipun kita menganjurkan agar semacam ini tidak dibatasi selama hari Jumat saja. Termasuk, tidak membatasi hanya diberikan untuk masjid saja. Banyak masjid di sekitar kita dananya melimpah. Sementara di sebelahnya ada orang muslim soleh yang lebih membutuhkan bantuan.

 

Jadi sekali lagi Anda atau kita bisa memberikan shadaqah atau sedekah termasuk infaq tidak harus khusus di hari Jumat. Silakan lakukan amal shalih ini kapan saja khususnya saat kita merasa ada rezeki lebih dan niatkan dengan ikhlas untuk mencari ridho Allah Swt. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

860

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 479 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment