Cara Menghindari Sombong Saat Selfie Atau Update Status Di Medsos

Assalamu’alaykum Pak Aam mau tanya, bagaimana hukumnya selfie? Saya ibu rumah tangga, saya senang selfie untuk DP BBM. (Desita via email)

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak Ibu dan saudara-saudara sekalian yang dirahmati Allah, Kalau selfie hanya sebagai hobby dan tidak bermaksud untuk ria, takabur, dan sombong, menurut hemat saya tidak apa-apa.

 

Jika anda berpakaian yang bagus lalu selfie, niatnya jangan untuk sombong, tapi untuk kerapihan. Yang tidak boleh itu kita sombong dengan foto kita, sombong dengan apa yang kita miliki.

 

 

Ada seorang Ibu yang dibelikan tas oleh suaminya, lalu tasnya dijadikan foto profile, dan dibawahnya ada tulisan “makasih ayah”, lalu ada yang berkomentar mengatakan lebay. Nah masalah lebay tidaknya itu kan tergantung niat anda.

 

 

Jadi selfie itu tergantung nawaitu atau niat-nya. Kalau selfie karena menunggu pujian, mencari popularitas, atau ingin menunjukkan status sosial, maka itu salah. Jadi bukan salah selfie nya, tapi salah niatnya.

 

 

BACA JUGA: Hukum Mengunggah Foto Ketika Umroh

 

 

Mirip dengan orang yang mengadakan syukuran ketika akan berangkat haji. Kalau syukuran agar orang mendoakan kita, lalu kita memohon doa pada teman dan tetangga, itu tentu bagus, tidak ada masalah. Tandanya kita berterimakasih pada Allah.

 

 

Tapi ada juga orang yang syukuran haji untuk pamer, bahwa dirinya itu hebat, ya tentu itu salah. Itu yang harus diperhatikan adalah niatnya. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 696 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment