Alis Rontok, Bolehkah Disulam ?

Assalamu’alaykum Pak Aam, alis saya tiba-tiba rontok dan tidak tumbuh lagi. Bolehkah saya sulam alis? (Rosma via email)

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian. Tentu saja jika ada alasan itu atau rontoknya karena alami diperbolehkan. Yang tidak boleh itu jika alisnya sudah tumbuh normal kemudian dicukur lalu disulam, itu hukumnya haram.

 

 

Ada tiga hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang wanita yaitu bertato, menyambung rambut, dan ketiga menghabiskan alis. Jadi Ibu-ibu haram menggunakan hair extension, itu jelas hukumnya haram tidak ada kompromi. Nabi bersabda,

 

 

Allah SWT melaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang minta disambung rambutnya” (HR. Bukhari)

 

 

Lalu  haram untuk bertato, kecuali yang sudah terlanjur bertato, taubat saja pada Allah, dan sholatlah. Jadi orang yang bertato itu sholatnya sah, tidak apa-apa dia sholat, umrah, atau haji. Bagi yang tidak bertato, jangan pakai tato karena hukumnya haram.

 

 

Baca juga: Ingin Bermake-up? Perhatikan 4 Hal Ini

 

 

Kemudian yang terakhir, haram menghabiskan alis, apalagi setelahnya alisnya ditato, itu haram dan dosanya kuadrat. Nah adapun kasus Anda yang tiba-tiba alisnya rontok dan tidak tumbuh lagi lalu Anda memutuskan untuk disulam maka itu kategorinya sebagai pengobatan. Kalau karena kedaruratan, dan Anda pun tidak mau tapi Anda harus lakukan itu, maka tidak dosa bagi Anda. Sesuatu yang sifatnya pengobatan itu diperbolehkan. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, untuk membahas masalah ini lebih detail Anda dan mojang bujang sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “FIKIH KECANTIKAN”. Didalamnya ada pembahasan dan studi kasus dengan penjelasan dalil-dalilnya.  Wallahu a’lam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

870

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 594 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment