Lelaki Sholat Dirumah, Afdhol Jika Melakukan Hal Ini

Assalamu’alaykum. Pak Aam mau bertanya.  Bagaimana hukum laki-laki yang mengerjakan sholat di rumah? Dalam beberapa waktu saya kadang suka shalat wajib di rumah bersama istri dan anak-anak. Mohon penejelasannya dan terima kasih. (Aziz via email)

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah . Sebagaimana yang kita tahun tentu saja, kalau bagi laki-laki sholat wajib yang paling afdhol itu di masjid. Hal ini sudah disepakati para ulama. Keterangan ini mengacu pada hadits Rasul,

 

“Shalat berjamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari)

 

 

Tetapi kalau laki-laki itu sholat di rumah karena ada kepentingan lain, misal jadi imam untuk istrinya, untuk anak-anaknya, membiasakan mereka sholat berjamaah, mengarahkan sholat berjamaah itu seperti apa. Lalu selesai sholat, memberi nasihat sekitar 5 menit untuk anak dan istrinya, jika ada alasan seperti ini maka adhol juga.

 

 

Anda boleh sesekali shalat berjamaah di rumah bersama istri dan anak-anak selama ada alasan syar’i, misalnya sakit dan sebagainya.

 

 

BACA JUAGA: Keutamaan Sholat Di Rumah Bagi Wanita, Bagaimana Agar Dapat Pahala Berjamaah?

 

 

Sekali lagi sholat berjamaah di masjid bagi laki-laki itu lebih afdhol. Tapi tetap selalu ada pengecualian, sekiranya di rumah itu kita ingin menghidupkan suasana ruhiyah, tentu tidak dilarang. Mungkin seminggu sekali khusus shalat Maghrib, Anda ingin berjamaah di rumah kemudian ada tausyiah atau pengajaran Alquran, tentu ini dibolehkan.

 

 

Sebagai orangtua sekali-kali anak-anak khususnya yang laki-laki  boleh kita bawa sholat ke masjid sebagai pembelajaran atau pembiasaan nantinya setelah dewasa. Namun hanya saja kalau anak perempuan lebih baik atau utana tetap shalat di rumah saja. Sebab bagi perempuan itu sholat yang paling afdhol adalah di rumahnya. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait pembahasan bab shalat ini lebih detail berikut dalilnya, Anda, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat berikut contoh-contohnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 592 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment