Suami Masih Berhubungan Dengan Mantan, Bagini Cara Istri Menyikapinya

Assalamu’alaykum Pak Aam, bagaimana cara menyikapi suami yang belum bisa melupakan masa lalunya? Jujur, saya merasa cemburu. Suami saya berteman dengan mantan pacarnya di media sosial. Waktu itu pernah salah satu akunnya saya hapus karena saya kesal, tapi suami saya kembali membuat akun dan kembali berteman dengan mantan kekasihnya dulu. Bagaimana istri menyikapi hal tersebut? Mohon nasihatnya dan terima kasih (S via fb)

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak Ibu dan sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Tentu kita percaya bahwa semua orang pastinya mempunyai masa lalu termasuk mungkin pernah dekat dengan seseorang yang harapannya ingin menjadi suami atau istri. Namun tentu saja tidak semua yang kita inginkan itu terwujud termasuk dalam hal jodoh. Inilah takdir yang harus kita terima.

 

Ada orang yang menjalin hubungan (pacaran) selama bertahun-tahun untuk saling memahami dan berharap bisa menjadi jodoh atau hidup bersama dalam rumah tangga. Namun takdirnya mereka tidak berjodoh. Demikian juga sebaliknya, ada yang baru kenal beberapa hari atau hitungan minggu kemudian merasa cocok dan sepakat untuk menikah serta hidup rukun hingga hari tua. Itulah misteri jodoh yang tidak lepas dari takdir Allah.

 

 

Tentu sikap terbaik adalah menerima takdir dalam hal ini jodoh kita itu dengan ikhlas. Kemudian menjalaninya penuh bahagia dan bertekad mewujudkan keharmonisan rumah tangga itu hingga hari tua. Meski kita menikah bukan dengan orang yang pertama kita cintai dan harapkan menjadi jodoh kita. Atau istilahnya cinta pertama tidak selamanya berakhir dipelaminan.

 

 

Setelah menikah tentu kita harus meninggalkan atau melupakan masa lalu kita termasuk perasaan kepada seseorang yang dulunya pernah dekat dengan kita. Sebab ia bukan pasangan hidup kita. Pasangan hidup kita adalah orang kita nikahi dan saat ini bersama dalam membangun mahligai rumah tangga.

 

 

Jadi suami Anda itu menurut istilah sekarang itu tidak bisa “move on“. Sudah berumah tangga namun masih menjalin hubungan dengan mantan meski hanya lewat dunia maya atau media sosial. Kalau maksudnya sekedar menjaga hubungan baik atau tidak putus silaturahmi tentu baik. Namun kalau mengungkit masa lalu apalagi disertai dengan keinginan kembali ke masa lalu tentu ini tidak baik. Ini bisa menjadi gangguan dalam rumah tangga.

 

 

Sebagai seorang istri tentu wajar jika Anda mempunyai perasaan cemburu pada suami. Ingat, cemburu yang berlebihan juga kurang baik dalam kehidupan rumah tangga dan dapat mengganggu ketidakharmonisan suami istri.

 

 

Menurut hemat saya, coba Anda bicara atau bangun komunikasikan yang baik dengan suami. Ini untuk para suami atau para istri, kalau kita sudah berumah tangga, walaupun tidak ada apa-apa dengan mantan, tapi kalau di semua lini itu ada nama mantan pacar, tentu itu adalah hal yang menyakiti pasangan. Khususnya untuk suami, ada ayat yang mengatakan, “perlakukan istri dengan baik”.

 

“………Dan pergaulilah mereka (istri) dengan cara yang baik……” (QS. An-Nisa: 19)

 

Salah satu memperlakukan istri dengan baik adalah berkata lemah lembut dan menjaga perasaannya atau tidak menyakiti hatinya. Kemudian dalam salah satu haditsnya Rasulullah Saw. bersabda,

 

 

Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya; dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya.” (HR.Tirmidzi)

 

Kalau ada suami yang menyakiti istrinya baik dengan lisan atau perbuatan maka itu adalah perbuatan dosa. Jangan beranggapan hal ini tidak dosa, ini adalah perbuatan yang dosa.

 

 

Jadi dalam masalah Anda ini sekali lagi, coba komunikasikan dengan suami dengan baik-baik bahwa Anda cemburu dan tidak enak hati dengan sikap suami yang masih menjalin hubungan dengan mantan kekasihnya dulu. Tentu saja suami juga tidak ingin disakiti istri.

 

Anda bisa menyampaikannya sendiri atau bantuan orang lain yang Anda percaya untuk menasihati atau mengingatkan suami. Anda bisa meminta bantuan saudaranya misalnya, sekiranya Anda tidak mampu atau tidak sanggup.

 

Atau Anda bisa memberikannya buku-buku tentang hak dan kewajiban suami istri. Atau juga bisa mengajak suami ke pengajian keluarga yang membahas permasalahan rumah tangga harapannya agar suami Anda terbuka perasaannya dan dapat memahami istrinya.

 

 

Lalu ada yang bertanya lagi, apakah suami yang menikah lagi dapat dikategorikan menyakiti istrinya? Nah kalo menikah lagi, itu dia melakukan sesuatu yang halal, dibolehkan oleh agama. Jadi tidak dikategorikan menyakiti istri, tapi kalau suami berselingkuh itu dikategorikan sebagai dosa karena tidak sesuai dengan aturan agama.

 

 

Jadi memang hal seperti ini kadang susah dicerna bagi orang-orang yang lemah iman. Disini saya ingin medudukan persolannya dulu secara hukum. Jadi jangan menanggapinya sepotong-sepotong. Sekali lagi, suami menikah lagi itu tidak dosa, karena diperbolehkan oleh agama daripada suami berzina yang jelas perbuatan dosa.

 

 

Jadi suami menikah lagi bukan perbuatan dosa selama si suami tidak mengurangi hak-hak istri pertama, tidak berbuat kedzaliman dalam hal nafkah dan hal-hal lainnya berjalan normal.

 

 

BACA JUGA: Suami Selingkuh, Apakah Istri Bisa Minta Cerai ?

 

 

Kembali ke pertanyaan diatas, kalau suami melakukan hal tersebut dengan mantannya, yaitu masih berinteraksi rutin dan sebagainya, nah ini berarti dia sedang mendzalimi istrinya. Tapi jika suami itu menikah lagi dan hak-hak anda pun tidak dikurangi maka tidak dikatakan sebagai mendzalimi, karena suami anda melaksanakan apa yang ada dalam Alquran.

 

 

Saya tahu dalam hal ini pasti tidak semua orang sependapat, hanya saya berusaha ketika ada satu masalah, saya menyorotinya dalam perpektif agama bukan sekedar dari perspektif rasa atau budaya. Sekali lagi, berselingkuh itu kategorinya dosa karena itu sesuatu yang dilarang agama. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait bahasan membangun rumah tangga yang sakinah,mawadah dan penuh rahmah termasuk didalamnya bagaimana mengajak suami atau istri dalam kebaikan, Anda dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “MEMBINGKAI SURGA DALAM RUMAH TANGGA”. Didalamnya juga  ada tips dan trik bagaimana mengajak pasangan bersama-sama dalam ibadah, termasuk dalam ibadah shalat-shalat sunnah  . Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

970

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 873 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment