Ribuan Massa AMSA Gelar Aksi Selamatkan Al Aqsha

PERCIKANIMAN.ID – – Seribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Selamatkan Al Aqsha ( AMSA ) melakukan orasi dan longmarch di Kota Bandung, Jumat (3/8/2018). Massa memulai aksinya dari halaman Masjid Pusdai usai shalat Jumat kemudian dilanjutkan menuju depan Gedung Sate Jl,Diponegoro.

 

 

Di depan Gedung Sate mereka melakukan orasi diatas mobil bak terbuka yang dilakukan oleh perwakilan elemen masyarakat maupun perwakilan ormas Islam dan komunitas. Dalam orasinya mereka kembali mengingatkan dan menyampaikan ajakan untuk peduli pada nasib rakyat Palestina khususnya Masjid Al Aqsha.

 

 

Sekira sejaman massa mendengarkan orasi di depan Gedung Sate kemudian dilanjutkan dengan longmarch menyusuri jalan-jalan protocol di Kota Bandung. Massa kembali menggelar orasi di depan pusat perbelanjaan Bandung Indah Plaza ( BIP ).

 

 

H.Edwin Sanjaya selaku salah seorang anggota DPRD Kota Bandung dalam orasinya menyatakan bahwa pendudukan wilayah Palestina oleh zionis Israel adalah pelanggaran berat HAM. Sebab, sambungnya, semua Negara sepakat bahwa penjajahan adalah tindakan criminal yang tidak dapat ditolerir lagi.

 

 

“Dalam Pembukaan UUD 1945 kita sangat jelas disebutkan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan. Ini mengamanatkan bahwa bangsa dan Negara kita harus berperan aktif dalam pembebasan Palestina,” Edwin yang juga ketua Bandung Fighting Club ini.

 

 

Sementara itu Ustadz Rahmat Baequni dalam orasinya menyatakan bahwa penjera terbesar di dunia berada di Palestina. Menurutnya persoalan Palestina adalah masalah dunia dan kemanusiaan sehingga orang yang mempunyai hati nurani pastinya akan membela Palestina.

 

 

“Sementara Masjid Al Aqsa adalah tanggung jawab seluruh muslim dimanapun berada termasuk di Indonesia untuk membebaskannya seperti yang dilakukan Umar bin Khatthab dan Shalahuddin Al Ayubi,”ujarnya.

 

 

Tak ketinggalan Ketua DPW PUI Jabar , Dr.KH.Engkos Kosasih,M.Ag pun berkesempatan memberikan orasinya. Menurutnya  salah satu jalan dan cara kemenangan serta upaya membebaskan Palestina dan Al Aqsa  adalah persatuan (ukhuwah) di kalangan umat Islam itu sendiri.

 

 

“Sangat disayangkan jika ada orang yang mengaku muslim namun abai pada persoalan Palestina. Apalagi menganggap persoalan Palestina adalah persoalan internal mereka,”ungkapnya.

 

 

Untuk dirinya diri mengajak bersama-sama menyatukan hati, gerak dan doa untuk Palestina secara bersama dan istiqomah. Menurutnya kepedulian terhadap Palestina khususnya Masjid Al Aqsa harus diperjuangkan secara terus menerus sampai merdeka.

 

 

BACA JUGA: Indonesia Peduli Palestina, Dua Produk Bebas Bea Masuk

 

 

“Jangan sampai kita peduli dan aksi saat Israel melakukan kebrutalannya. Selama Palestina belum merdeka dan Masjid Al Aqsa masih dikusai zionis Israel maka selama itu pula harus berjuang,”ajaknya.

 

 

 

Selama orasi, massa membentangkan spanduk dengan berbagai ukuran dan ungkapan. Beberapa relawan juga mengedarkan kontak infaq untuk solidaritas Palestina. Menjelang Ashar massa meneruskan perjalanan menuju masjid. Kegiatan aksi dan orasi peduli Palestina dan Al Aqsa ini berjalan tertib dan lancar. [ ]

5

Rep: iman

Editor: admin

974

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 46 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment