Gerhana Bulan Juli 2018, Pakar Astronomi: Ini Gerhana Bulan Total Paling Lama

0
123

 

PERCIKANIMAN.ID – – Gerhana bulan total akan kembali khususnya di Indonesia pada Sabtu (28/7/2018) dini hari nanti. Menurut pakar astonomi ITB,Dr.Moeji Raharto, gerhana bulan total kali ini boleh disebut istimewa. Sebab gerhana bulan total kali ini akan berlangsung cukup lama.

iklan

 

 

“Dari sisi durasi,gerhana bulan total nanti akan jadi yang paling lama. Insya Allah gerhana bulan dini hari nanti berdurasi hampir 2 jam atau sekira 1 jam 40 menitan,”ungkapnya kepada percikaniman.id awal bulan ini.

 

 

Lebih jauh Dr.Moeji  menjelaskan bahwa gerhana bulan total nanti terjadi dimana bulan akan berada pada titik Apogee, atau titik terjauh dari Bumi. Gerhana bulan total ini juga bisa disebut sebagai Micro Blood Moon karena penampakannya yang sedikit kecil.

 

 

“Kalau gerhana bulan total yang terjadi pada Januari lalu disebut Super Blue Blood Moon sebab ukuran bulan terlihat lebih besar dan cerah,”imbuhnya.

 

 

Sementara puncak gerhana bulan total dini hari nanti, menurut Dr Moedji akan terjadi sekira pukul 03.22 WIB. Momen ini akan sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan gerhana bulan total biasanya atau sebelumnya sehingga dapat disaksikan secara leluasa.

 

 

“Hal ini karena memang kondisi bulan sedang berada di titik paling jauh dari Bumi. Jarak Bulan dan Bumi yang menyebabkan terjadinya gerhana bulan total Micro Blood Moon ini,”terangnya.

 

 

Meski demikian gerhana bulan total kali ini sama seperti gerhana-gerhana bulan sebelumnya sebagai fenomena alam normal yang biasa terjadi. Untuk itu Dr.Moeji Raharto menghimbau masyarakat muslim menyikapinya dengan keimanan sebagai salah satu wujud kebesaran Allah Swt.

 

 

BACA JUGA: Shalat Gerhana Bulan, Begini Caranya

 

 

“Jangan dikaitkan gerhana bulan dengan fenomena tahayul lainnya. Lebih baik kita sikapi sesuai yang diajarkan Rasul yakni, takbir, shalat gerhana, sedekah, berdoa dan amal shalih lainnya,”pungkasnya. [ ]

5

Rep: iman

Editor: admin

Foto: iman

896

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman