Syirik Dalam Cinta, Adakah ?

 

Oleh: Sasa Esa Agustiana*

 

 

PERCIKANIMAN.ID – –  Cinta adalah salah satu anugerah yang diberikan Allah kepada manusia. Dengan adanya perasaan cinta inilah dunia menjadi indah, damai dan penuh dengan ketentraman.

 

 

Namun tidak sedikit ragam tragedi terjadi di dunia ini yang dilatarbelakangi oleh konon atas nama “cinta” pula. Cinta yang berlebihan terkadang membutakan mata dan hati. Pada bisa jadi itu bukan cinta melainkan nafsu yang ditambahi amarah.

 

 

Seseorang mencintai sesuatu sama dengan cintanya kepada Allah, mungkin lebih sedikit mungkin juga lebih banyak. Cintanya menimbulkan ketundukan dan kepasrahan. Allah berfirman,

 

 

Di antara manusia ada yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang beriman sangat besar cintanya kepada Allah.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 165)

 

 

Dalam suatu hadis diterangkan, “Akulah (Allah swt.) yang paling tidak membutuhkan sekutu. Maka siapa yang melakukan suatu perbuatan di mana dalam perbuatan itu ia mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang lain, niscaya akan Kutinggalkan ia bersama sekutunya.” (H.R. Muslim)

 

 

Keterangan lainnya menjelaskan, “Tidak beriman seseorang di antara kamu sampai ia lebih mencintai Aku daripada anaknya, orangtuanya, dan seluruh manusia.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

 

 

Jadi bolehlah kita mencintai pada apa yang ada di dunia ini, harta, anak, suami-istri dan yang lainnya. Namun jangan sampai cinta kita mengalahkan pada cinta yang hakiki yakni cinta pada Illahi.

 

 

Apa yang kita cintai di dunia yang fana ini pastinya akan berakhir seiring dengan berhentinya nafas ini. Namun cinta kepada Illahi ( Allah Swt) akan kekal hingga akhirat nanti, bahkan Allah akan menggantinya dengan surga-Nya. Jadi jangan ada syirik dalam menuangkan cinta. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

*Penulis adalah ibu rumah tangga, pegiat dakwah dan penulis buku

sasa esa

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

947

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

Bagi pembaca yang  punya hobi menulis bisa mengirimkan tulisannya  ke email: [email protected]  .atau [email protected] .  Dapatkan  bingkisan menarik dari redaksi. Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh bagi banyak orang. Bergabunglah bersama ribuan pembaca dalam menebar kebaikan.

 

(Visited 72 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment