Hukum Shalat Tahajud dan Dhuha 4 Rakaat Salam, Boleh atau Terlarang ?

Assalamu’alaikum ww . Pa Aam, kalau untuk sholat dhuha sama  shalat tahajud boleh tidak melaksanakannya 4 rakaat salam. Mohon penjelasannya (Kirey via fb)

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Sebagaimana yang kita ketahui tentang keutamaan shalat itu bisa kita lihat dari keterangan berikut. Abu Dzar r.a. mengatakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

 

Setiap persendian kita wajib mengeluarkan sedekah. Setiap tasbih (Subhanallah) adalah sedekah; setiap tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah; setiap tahlil (Laa ilaaha illaallah) adalah sedekah; setiap takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah; mencegah dari yang mungkar juga sedekah. Dan, semua itu bisa diganti dengan dua rakaat Dhuha” (H.R. Muslim).

 

Permulaan shalat Dhuha adalah ketika matahari sudah naik kira-kira sepenggal (sekitar pukul 07.00 atau pukul 08.00) dan berakhir pada sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

 

Shalat Dhuha bisa dilaksanakan dua rakaat, empat rakaat, bahkan sampai delapan rakaat. Keterangan-keterangan yang menguatkan hal tersebut adalah sebagai berikut.

 

Dari Mua‘dz r.a., dia bertanya kepada Aisyah r.a., “Berapa jumlah rakaat Rasulullah Saw. ketika menunaikan shalat Dhuha?” Aisyah menjawab, “Empat rakaat dan beliau menambah bilangan rakaatnya sebanyak yang beliau suka” (H.R. Muslim dan Ibnu Majah).

 

Dari keterangan tersebut, telah jelas bahwa Rasulullah Saw. melaksanakan shalat Dhuha dengan dua rakaat, empat rakaat, atau delapan rakaat.

 

Kemudian terkait dengan shalat Tahajud dan keutamaannya  ini sebagaimana yang diungkapkan Abu Hurairah r.a. sebagaimana ucapan Rasulullah Saw., “Puasa yang paling afdhal setelah Ramadhan adalah puasa Muharram dan shalat yang paling afdhal setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (H.R. Muslim)

 

Dalam Alquran, terdapat banyak ayat yang menjelaskan mengenai shalat Tahajud. Tak sedikit di antaranya menyebutkan mengenai pahala yang akan diperoleh seseorang jika dia rajin melaksanakan shalat Tahajud.

 

Allah Swt. memuliakan orang yang suka melakukan shalat Tahajud, “Pada sebagian malam, lakukanlah salat Tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Q.S. Al-Isra’ [17]: 79)

 

BACA JUGA: Doa Tahajud dan Dhuha, Adakah Bacaan Khususnya ?

 

Jumlah rakaat dan tata cara pelaksanaan shalat Tahajud sama dengan shalat Tarawih, yaitu 11 rakaat dengan formasi 4+4+3 atau 2+2+2+2+2+1. Hal tersebut berdasarkan pada banyak hadis shahih, di antaranya sebagai berikut.

 

Aisyah r.a. berkata, “Pada bulan Ramadhan maupun bulan lainnya, Rasulullah Saw. tidak pernah mengerjakan lebih dari sebelas rakaat. Beliau mulai dengan empat rakaat, dan jangan kamu tanyakan baik dan panjangnya shalat beliau. Kemudian, beliau melaksanakan empat lagi, jangan kamu tanyakan tentang baik dan panjangnya. Setelah itu, beliau mengerjakan tiga rakaat….” (Muttafaq ‘alaih)

 

Beberapa keterangan shahih menyebutkan bahwa semua shalat itu dilakukan dengan empat rakaat salam. Namun, ada juga keterangan yang menyebutkan salam setiap dua rakaat.

 

Jadi Anda boleh shalat Dhuha atau Tahajud dengan 4 rakaat salam atau 2 rakaat salam. Hanya dalam shalat Tahajud ada shalat witirnya yakni 3 rakaat terakhir. Sementara dalam shalat Dhuha tidak ada witirnya. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

Nah, terkait pembahasan bab shalat ini lebih detail berikut dalilnya, Anda, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat berikut contoh-contohnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

948

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

(Visited 1,975 times, 27 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment