Cara Shalat Taubat dan Doa, Kapan Waktu Yang Tepat ?

Shalat

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya merasa banyak dosa dan ingin kembali ke jalan Allah ridhoi.  Bagaimana cara melakukan sholat sunah taubat yang di contohkan oleh Rasul.  Kapan sebaiknya di lakukan dan apa saja bacaan surat atau doa yang harus di baca? Mohon penjelasan dan terima kasih ( N via fb)

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Semua orang pastinya mempunyai salah dan dosa. Menurut kata bijak, orang baik itu bukan berarti ia tidak pernah berbuat salah dalam hidupnya. Namun ketika ia berbuat salah dan dosa maka ia segera sadar kemudian bertaubat kepada Allah dengan sungguh-sungguh dan tidak mengulanginya lagi.

 

 

 

Dosa kecil bisa menjadi dosa besar jika dilakukan berulangkali atau secara terus menerus. Sementara dosa besar jika ia segera bertaubat dan Allah menerima taubatnya maka ia termasuk orang atau hamba yang beruntung. Allah Swt memerintahkan kepada kita atau hamba-Nya agar tidak berputus asa sekiranya merasa bersalah,

 

 

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah swt. Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’alamengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

 

 

Jadi kalau Anda merasa banyak dosa dan ingin bertaubat maka hal itu sudah menjadi modal Anda untuk melakukan perbaikan diri. Perintah untuk bertaubat ini juga dapat kita baca dalam Alquran,

 

 

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” (QS. At Tahrim: 8)

 

 

Taubat adalah penyesalan diri dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan berjanji atau berkomitmen untuk tidak mengulangi lagi.  Shalat taubat sendiri adalah shalat yang disunnahkan berdasarkan kesepakatan para ulama khususnya empat madzhab. Hal ini  dengan berdasarkan pada hadits yang disampaikan Abu Bakr, dimana Rasulullah Saw bersabda,

 

 

Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua raka’at kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud dan Ibnu Majah  dimana Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

 

 

Menurut para ulama hadits, menyatakan bahwa hadits tersebut merupakan penjabaran atau penjelasan dari Alquran khususnya surat Ali Imran ayat 135,

 

 

“Orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau men-zalimi diri sendiri, mereka segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa mereka. Siapa yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu dengan penuh kesadaran.” (QS. Ali Imran: 135)

 

 

Lalu kapan waktu pelaksanaan shalat taubat ini? .Secara khusus tidak ada keterangan atau penjelasan waktu pelaksanaannya. Anda boleh melakukannya baik siang atau pun malam hari. Niatkan dalam hati bahwa shalat yang Anda lakukan tersebut sebagai shalat taubat.

 

 

 

Kemudian, apakah ada bacaan surat atau ayat khusus?. Tidak ada, Anda shalat dua rakaat dengan gerakan dan bacaan seperti shalat biasa. Setelah membaca surat Al Fatihah, Anda boleh membaca surat atau ayat Alquran yang Anda hafal.

 

 

 

Demikian juga doanya, tidak ada panduan atau kewajiban doa khusus. Anda boleh membaca doa dalam Alquran atau hadits atau doa dengan bahasa sendiri.  Anda bisa membaca doa yang dipanjatkan Nabi Adam tatkala menyadari dirinya telah melakukan dosa dengan diusir dari surga. Doa ini juga sering kita baca dengar atau kita lantunkan setiap hari,

 

 

‘Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin’  

“Ya Allah , kami telah mendholimi pada diri kami sendiri, jika tidak Engkau ampuni kami dan merahmati kami tentulah kami menjadi orang yang rugi.” ( QS.Al A’raf: 23)

 

 

BACA JUGA: Ingin Taubat ? Begini Caranya 

 

 

Atau doa yang lain yang Anda maksudkan sebagai bentuk pertaubatan yang sungguh-sungguh. Sekali lagi selain bersumber dari Alquran dan hadits, Anda boleh berdoa dengan bahasa sendiri. Semoga dengan taubat Anda menjadi pembukan pinta ampunan dari Allah dan kelak menjadi hamba yang beruntung dengan menjadi penghuni surga, seperti firman Allah,

 

 

Hai, jiwa yang tenang! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridho dan diridhoi-Nya. Masuklah ke golongan hamba-hamba-Ku, masuklah ke surga-Ku.”  ( QS.Al Fajr: 27 – 30)

 

 

Beristiqomahlah dan berkomitmen dengan taubat Anda dan menjaga diri agar tidak tergelincir melakukan dosa kembali. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait dengan panduan berdoa ini Anda dan bapak ibu sekalian dapat membaca buku saya yang berjudul ” DOA ORANG-ORANG SUKSES“. Didalamnya ada contoh yang diambil dari Alquran dan hadits shahih. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

957

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

(Visited 1,302 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment