Haid Setelah Berhubungan Suami Istri, Kapan Mandi Besarnya ?

Assalamu’alaykum.Ustadz, maaf saya ingin bertanya tentang mandi junub untuk wanita yang setelah berhubungan suami istri keluar darah haid. Bagaimana cara mandi besarnya? Apakah disatukan atau masing-masing? Mohon penjelasannya dan terimakasih. ( M via fb)

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Perlu diketahui tentang mandi besar atau mandi wajib bagi wanita disebabkan ada beberapa hal. Pertama disebabkan hubungan suami istri sehingga suami mengeluarkan mani baik diluar atau didalam kemaluan.

 

Dalill bahwa keluarnya mani mewajibkan untuk mandi adalah seperti  firman Allah dalam Alquran,

 

“Dan jika kamu junub maka mandilah.” (QS. Al Maidah: 6)

 

 

Kemudian dalam ayat yang lain juga disebutkan,

 

 

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi.” (QS. An Nisa’: 43)

 

 

Kemudian yang kedua sebab berhenti haid atau nifas setelah melahirkan. Dalil mengenai hal ini adalah hadits dari ‘Aisyah ra, dimana Rasul bersabda,

 

 

“Apabila kamu datang haidh hendaklah kamu meninggalkan shalat. Apabila darah haidh berhenti, hendaklah kamu mandi dan mendirikan shalat.” (HR. Bukhari  dan Muslim ).

 

 

BACA JUGA: Apakah Harus Segera Mandi Besar Setelah Berhubungan Suami Istri ?

 

Jadi mandi besar atau mandi wajib itu untuk shalat. Kalau Anda setelah berhubungan intim keluar darah haid, maka Anda nanti mandi besarnya sekali saja setelah selesai haidnya. Niatnya cukup untuk menstruasi atau hadas besar. Jadi, logika hukumnya sederhana sekali, mandi besar itu hanya untuk shalat.

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  aam@percikaniman.org  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

(Visited 1,499 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment