Hukum Sholat Jumat Di Hari Raya Idul Fitri, Wajib atau Sunnah ?

 

 

Assamu’alaikum. Pak Ustadz, apakah kita tetap melaksanakan sholat Jumat karena Idul Fitri bertepatan di hari Jumat.  Mohon penjelasannya dan terima kasih (Asep via fb)

 

 

Wa’alaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. terkait hukum shalat Jumat dimana pada pagi harinya telak dilaksanakan shalat Ied atau Idul Fitri bertepatan dengan hari Jumat maka menurut para ulama ada dua pendapat.

 

 

Pertama, tetap wajib melaksanakan shalat Jumat meski pada pagi hari ia telah melaksanakan shalat  Ied. Menurut para ulama misalnya Imam Syafi’i berpendapat bahwa dalil wajibnya Shalat Jumat seperti dalam Alquran,

 

Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS. Al Jumu’ah: 9)

 

Kemudian dalam haditsnya Rasul bersabda,

 

Barangsiapa meninggalkan tiga shalat Jumat, maka Allah akan mengunci pintu hatinya.” (HR. Abu Daud )

 

Hadits ini menunjukkan bahwa melaksanakan shalat Jumat wajib dengan melihat ancamannya bagi orang yang dengan sengaja meninggalkannya tanpa alasan yang dibolehkan sesuai syariah.

 

Dalam hal ini ada sebagian ulama yang menganggap  shalat Jumat dan shalat Ied adalah dua shalat yang sama-sama wajib sehingga shalat Jumat dan shalat Ied tidak bisa menggugurkan satu dengan shalat lainnya sebagaimana shalat Dhuhur dan shalat Ied.

 

 

BACA JUGA: Tata Cara Shalat Iedul Fitri Sesui Sunnah 

 

Kemudian pendapat kedua menyatakan bahwa bagi kaum muslimin yang telah melaksanakan shalat Ied boleh tidak melaksanakan shalat Jumat. Pendapat ini dipilih oleh mayoritas ulama Mahzab Hambali yang juga berdasarkan pendapat ini terdapat dalam riwayat dari Umar, Utsman, Ali, Ibnu ‘Umar dan Ibnu Abbas.

 

Seperti yang diceritakan dari seorang sahabat tabi’in bernama ‘Atha’ bin Abi Rabbah, ia berkata

 

Ibnu Az-Zubair ketika hari ‘ied yang jatuh pada hari Jum’at pernah shalat ‘ied bersama kami di awal siang. Kemudian ketika tiba waktu shalat Jum’at Ibnu Az-Zubair tidak keluar, beliau hanya shalat sendirian. Tatkala itu Ibnu ‘Abbas berada di Thaif. Ketika Ibnu ‘Abbas tiba, kami pun menceritakan kelakuan Ibnu Az Zubair pada Ibnu ‘Abbas. Ibnu ‘Abbas pun mengatakan, “Ia adalah orang yang menjalankan ajaran Nabi (ashabas sunnah).” (HR. Abu Daud)

 

Kemudian diceritakan pula bahwa ‘Umar bin Al-Khattab melakukan seperti apa yang dilakukan oleh Ibnu Az-Zubair. Begitu pula Ibnu ‘Umar tidak menyalahkan perbuatan Ibnu Az-Zubair. Begitu pula ‘Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan bahwa siapa yang telah menunaikan shalat ‘ied maka ia boleh tidak menunaikan shalat Jumat.

 

 

Dari dua pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwa ketika shalat Ied jatuh pada hari Jumat maka bagi yang pagi harinya telah melaksanakan shalat Ied boleh mengerjakan Shalat Jumat pada siang harinya. Juga orang yang pagi harinya telah melaksanakan shalat Ied boleh tidak ikut melaksanakan Shalat Jumat namun tetap wajib melaksanakan shalat Dhuhur.  Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: tribunnews

970

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

(Visited 2,905 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment