Waktu Afdol Zakat Fitrah, Berapa Hari Sebelum Idul Fitri ?

 

 

Assalamu’alikum. Pa Aam kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah dan pembagiannya. Mohon penjelasannya dan terima kasih ( Asep via fb)

 

 

 

Wa’alaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Menunaikan atau membayar zakat fitrah atau zakat fitri hukumnya adalah wajib ain yang artinya wajib bagi umat muslim laki-laki, perempuan, tua atau muda. Membayar atau menunaikan zakat  juga sebagai salah satu rukun Islam.

 

 

Dalam Alquran maupun hadits Rasul banyak sekali menyinggung tentang perintah untuk mengeluarkan atau menunaikan zakat ini. Seperti perintah Allah dalam Alquran,

 

 

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang-orang yang ruku“. (QS: Al-Baqarah 43).

 

 

Kemudian dalam ayat yang lain juga disebutkan,

 

 

Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat . Dan kebaikan apa saja kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan“. (QS: Al-Baqarah:110).

 

 

Dan masih banyak lagi tentang anjuran atau perintah untuk menunaikan ibadah khususnya zakat. Sementara tentang zakat fitrah ini dapat kita simak penjelasan dalam hadits dari Ibnu Abbas ra dimana beliau berkata,

 

 

Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa  sallam mewajibkan zakat fitrah sebagai penyuci bagi orang yang berpuasa dari perbuatan yang sia-sia dan kata-kata kotor serta sebagai pemberian makanan untuk orang-orang miskin“. ( HR.Muslim)

 

 

Kemudian kapan waktu untuk memulai menunaikan zakat fitri atau zakat fitrah ini?

 

 

Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat fitrah ditunaikan atau dilaksanakan berkenan dengan pelaksanaan shaum atau puasa Ramadhan maka zakat fitrah atau fitri ini dikeluarkan dengan menjelang akhir Ramadhan atau sebelum pelaksaan shalat Ied. Kita dapat simak penjelasannya dalam sebuah hadits,

 

Barangsiapa yang menunaikan zakat fithri sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah )

 

 

BACA JUGA: Hukum Zakat Profesi, Adakah Dizaman Nabi ?

 

 

Berdasarkan hadits ini menurut para ulama hadits menjelaskan waktu untuk menunaikan atau membayar zakat fitrah. Pertama waktu utama (afdhol) yakni dimulai dari terbit fajar pada hari Idul Fitri hingga dekat waktu pelaksanaan shalat Ied.

 

 

Kedua waktu yang dibolehkan yaitu satu atau dua hari sebelum ‘ied sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Ibnu Umar.  Sedangkan dalil yang menunjukkan waktu dibolehkan yaitu satu atau dua hari sebelum adalah disebutkan dalam shahih Al Bukhari,

 

 

Dan Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma memberikan zakat fithri kepada orang-orang yang berhak menerimanya dan dia mengeluarkan zakatnya itu sehari atau dua hari sebelum hari Idul Fitri.” (HR. Bukhari).

 

 

Sekiranya Anda yakin dan mampu mengeluarkan atau menunaikan zakat fitrah saat menjelang pelaksanaan shalat Ied itu lebih utama. Namun sekiranya tidak mampu waktu terlalu mepet atau mungkin akan bepergian mudik misalnya sehingga Anda khawatir shalat Ied masih di jalan maka Anda boleh membayarnya 1 atau 2 hari sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

 

 

Kemudian dalam membagikannya Anda boleh menitipkannya pada amal zakat atau bisa Anda serahkan kepada fakir miskin secara langsung. Mungkin ada ditetangga sekitar rumah yang berhak menerima zakat fitrah tersebut, Anda boleh memberikan kepada mereka. Sekiranya Anda merasa kesulitan untuk menyerahkan langsung maka bolehk dititipkan kepada lembaga atau amilin. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: okezone

890

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

(Visited 564 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment