Amalan Utama Ramadhan Bagi Mualaf, Lakukan 5 Hal Ini

Assalamu’alaikum. Pak Ustadz, Ini adalah Ramadhan pertamaku. Sebelumnya saya non muslim. Apa saja amalan utama yang dapat kita kerjakan saat Ramadhan? Mohon nasihatnya dan terima kasih. ( Catherin via fb )

 

 

Wa’alaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Alhamdulillah, atas nama pribadi saya dan juga mewakili pembaca sekalian mengucapkan selamat Anda telah mendapat hidayah dan menjadi seorang muslimah. Semoga Anda istiqomah dan senantiasa menambah pengetahuan tentang Islam lebih dalam lagi.

 

Meskipun sekarang kita sudah melewati lebih dari setengah perjalanan Ramadhan namun tidak ada salahnya jika Anda dan kita semua terus meningkatkan amalan dipenghujung Ramadhan ini.

 

Bulan Ramadhan sebagaimana yang kita ketahui dan yakini adalah bulan dengan segala keutamaan. Setiap amal baik yang dilakukan membawa nilai-nilai keutamaan bagi pelakunya, sekecil apa pun amal tersebut. Bukan hanya amalan wajib bahkan yang sunnah pun Allah akan lipatgandakan di bulan Ramadhan ini.

 

Meski demikian, tidak ada salahnya jika kita memprioritaskan beberapa amal terkait bulan Ramadhan mengingat keistimewaan amal tersebut seperti yang dijanjikan Raslullah Saw. berikut ini.

 

1. Shaum atau puasa.

Puasa di bulan Ramadhan adalah amalan utama. Hal ini seperti yang sering kita baca perintah Allah dalam Alquran,

Hai, orang-orang beriman, diwa­jib­kan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum­mu agar kamu bertakwa,” (QS.Al Baqarah:183)

Kemudian dalam haditsnya Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa berpuasa Ramadhan imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala), maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

Inilah salah satu keistimewaan puasa di bulan Ramadhan. Ada banyak hikmah dan manfaat yang dapat kita rasakan dan kita dapatkan dengan puasa ini.

 

2. Shalat Malam atau Tarawih.

Shalat Tarawih ini bisa Anda kerjakan sendiri di rumah atau berjamaah di masjid selama bulan Ramadhan. Dimana waktunya dikerjaka setelah shalat Isya,

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang menunaikan Shalat Malam di bulan Ramadan dengan keimanan dan mengharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

 

3. I’tikaf

I’tikaf adalah aktivitas berdiam diri di masjid khususnya pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Rasulullah Saw. senantiasa beritikaf pada bulan Ramadhan selama 10 hari. Dan, pada tahun akan diwafatkannya, beliau beritikaf selama 20 hari.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

 

4. Umroh

Ibadah ini juga utama dikerjakan di bulan Ramadhan sekiranya Anda mampu baik secara fisik maupun fiancial. Ada banyak keutamaan umroh di bulan Ramadhan seperti yang dijelaskan Rasulullah Saw dalam haditsnya,. Rasulullah Saw. bersabda,

“Umrah pada bulan Ramadhan menyerupai haji.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

 

5. Sedekah atau infaq

Rasulullah Saw. bersabda, “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” (H.R. Tirmidzi dari Anas)

 

Tentu selain lima amalan tersebut, banyak juga amalan lain yang utama yang bisa Anda lakukan pada bulan Ramadhan ini, di antaranya adalah bersungguh-sungguh membaca Al-Quran, belajar memahami arti dan maknanya dan memperbanyak dzikir, doa, dan istighfar dan sebagainya.

 

BACA JUGA: Amalan Sunnah Yang Harus Ditingkatkan Di Bulan Ramadhan

 

Anda juga bisa membantu fakir miskin atau menyediakan takjil ( makanan buka puasa) dan ikut kajian keislamannya lainnya.

 

Semoga Ramadhan pertama Anda, Allah curahkan keberkahan dan kemudahan-kemudahan dalam menjalaninya. Jadikan Ramadhan ini sebagai momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

970

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

(Visited 980 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment