Ibu Hamil Ingin Puasa ? Perhatikan Dua Hal Ini

 

 PERCIKANIMAN.ID – – Meski secara syariah ibu hamil boleh tidak melaksanakan puasa Ramadhan dan bisa diganti dengan qadha atau membayar fidyah. Namun mengingat keutamaan puasa Ramadhan yang besar maka banyak ibu yang sedang hamil juga ingin bisa melaksanakan puasa.

 

 

“Sebelum ibu hamil melaksanakan puasa khususnya pada bulan Ramadhan maka setidaknya harus memperhatikan dua hal,”ungkap dr Hanny Rono Sulistyo,Sp.OG dalam acara talkshow Ramadhan di Aula Rabbani Bandung, Sabtu (11/5/2018)

 

 

Dokter Hanny, demikian ia akrab disapa ini melanjutkan, yang pertama adalah kesehatan dan kondisi fisik ibu hamil sendiri. Menurutnya ibu hamil yang ingin melaksanakan puasa Ramadhan harus memastikan bahwa fisiknya kuat untuk tidak makan dan minum selama seharian.

 

 

“Yang kedua adalah kondisi janin dalam kandungan. Jika ibunya sehat dan kuat untuk berpuasa maka harus dipastikan juga bayi dalam kandungan tidak mengalami masalah atau tetap terjaga selama ibunya berpuasa,”imbuhnya.

 

 

Ia menjelaskan dua faktor tersebut harus diperhatikan secara cermat jika ibu hamil ingin berpuasa. Selain itu dua faktor ini juga tidak dapat dipisahkan melainkan dua-duanya harus terpenuhi secara mutlak.

 

 

“Tidak boleh puasa jika hanya ibunya merasa kuat dan sehat  untuk berpuasa. Demikian sebaliknya juga janinnya sehat namun ibunya tidak sehat juga tidak boleh puasa,”ungkapnya.

 

 

Untuk itu sebelum ibu hamil memutuskan untuk berpuasa maka sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesehatan dan kesiapan keduanya baik ibu maupun janinnya.

 

BACA JUGA: Perubahan Kulit  Ibu Hamil Saat Puasa

 

“Kalau ibu hamil dan janinnya dinyatakan sehat dan kuat maka sebaiknya ibu juga harus meminta izin atau berkomonikasi dengan janinnya. Komunikasi ini penting sebab ia ( janin) sudah bisa merasakan bahkan mendengar suara ibunya sehingga jika ingin diajak kepada kebaikan (puasa) maka janin juga akan melakukan kesiapan,”sarannya.

 

 

Acara talkshow yang diselenggarakan Majelis Khazanah Intelektual dengan media partner www.percikaniman.id  ini mengangkat tema “Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui, Tinjauan Kesehatan dan Fikih” ini diikuti kaum ibu yang sedang hamil atau tengah menyusui. Beberapa peserta mengaku mendapat pengetahuan tentang acara ini. Diujung acara yang dipandu moderator Kang Daan Aria ini panitia membagikan doorprize manarik. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Foto: andri

890

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

(Visited 130 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment