10 Fakta Unik Seputar Kurma

 

PERCIKANIMAN.ID – – Ramadhan dan kurma sepertinya dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ramadhan identik dengan kurma sebab sunnah Rasul berbuka dengan kurma. Demikian juga dengan kurma yang sering hadir di bulan Ramadhan dengan banyak pedagang bahkan hidangan ifthar atau tajil di masjid pun rasanya kurang afdhol tanpa adanya kurma.

 

Buah ini memang merupakan salah satu makanan tradisional khas Timur Tengah yang telah ada sejak ribuan tahun lalu. Selain rasanya yang lezat, kurma juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena mengandung beragam nutrisi esensial.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini 10 fakta unik seputar kurma yang  perlu kita ketahui,

 

  1. Kurma telah menjadi makanan tradional sejak 7.000 tahun lalu.

Buah kurma telah menjadi salah satu makanan tradisional khas Timur Tengah dan Afrika Utara sejak 7.000 tahun lalu. Kurma bahkan telah menjadi salah satu hasil pertanian unggulan masyarakat Timur Tengah selama kurang lebih 5000 tahun.

 

  1. Banyak Mengandung nutrisi dan vitamin.

Makanan ini mengandung beragam nutrisi esensial dan vitamin seperti vitamin A, B, D, gula (fructose). Kandungan nutrisi inilah yang membuat kurma menjadi salah satu makanan yang dapat dijadikan sumber energi.

 

  1. Mempunyai kadaluwarsa relative lama

Keistimewaan kurma lainnya adalah masa kedaluwarsa yang cenderung lama. Kurma yang telah dikeringkan, bisa bertahan hingga beberapa tahun. Tidak heran jika buah ini digunakan oleh masyarakat zaman dahulu saat sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan perahu, atau ketika melintasi padang pasir.

 

  1. Orang bisa bertahan hidup dengan mengkonsumsi kurma

Seseorang dapat bertahan hidup dengan hanya mengonsumsi kurma setiap hari. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kurma mengandung semua mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

 

  1. Simbol tradisi unik.

Masyarakat Oman memiliki sebuah tradisi unik, ketika kaum perempuan melahirkan seorang bayi laki-laki mereka akan menanam pohon kurma. Pohon kurma ini pun menjadi simbol bahwa keluarganya tidak akan pernah menderita kelaparan.

 

  1. Uni Emirat Arab memiliki dari 199 jenis kurma dengan keunikannya masing-masing.

Negara ini juga memiliki sekitar 44 juta pohon kurma, dan 98% dari jumlah tersebut menghasilkan sekitar 900.000 ton buah kurma per tahun.

 

Di posisi kedua ada OMAN yang memiliki 8 juta pohon kurma dan menghasilkan 268.000 ton buah kurma setiap tahun. Nah, untuk penghasil buah kurma terbesar di dunia siapa lagi kalau bukan Mesir, diikuti oleh Arab Saudi, dan Iran. Ditilik lebih jauh, ternyata ada lebih dari 1.000 jenis buah kurma yang tersebar di seluruh dunia.

 

  1. Kurma bisa dijadikan sabun

Selain dikonsumsi, buah kurma dapat digunakan untuk membuat sabun dan peralatan kosmetik seperti eyeliners. Cukup banyak produk kecantikan yang membuat kurma menjadi bahan produknya.

 

  1. Tumbuhan multi manfaat

Tidak hanya buahnya saja, pohon kurma juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Daunnya bisa digunakan untuk membuat keranjang, karpet, dan nampang. Batangnya bisa digunakan sebagai pilar tenda atau membuat furniture lainnya.

 

Serat yang terdapat pada pohon kurma bisa digunakan untuk membuat tali, perangkap ikan, sikat, atau sebagai isian kasur dan bantal.

 

  1. Bisa diolah menjadi sirup

 

 

Mengingat popularitasnya yang semakin dikenal luas di seluruh dunia, sebagian orang mulai berkreasi membuat berbagai hidangan lezat dari buah kurma. Salah satu produk paling unik adalah sirup kurma yang diproduksi oleh masyarakat Oman.

 

Selain mengandung vitamin dan mineral, minuman ini juga memiliki banyak zat besi, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi. Sirup kurma biasanya dicampurkan dengan yogurt, es krim vanilla, atau smoothies.

 

  1. Simbol “pohon kehidupan”

Pohon kurma sering dijuluki “tree of life” mengingat semua bagian tanaman bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. [ ]

 

Sumber: linkedin & okezone

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

963

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

(Visited 159 times, 3 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment