Tahajud Setelah Tarawih Dan Witir, Boleh atau Terlarang ?

Assalamualaikum. Pak Ustad mau tanya, apakah shalat tahajud di waktu Ramadhan atau shalat malam setelah shalat tarawih dan witir masih diperbolehkan? Mohon penjelasannya dan terima kasih ( N via fb)

 

 

Wa’alaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian. Pertanyaan ini sebenarnya sudah sering saya jelaskan, sebab banyak yang bertanya demikian. Bagaimana hukum shalat tahajud di bulan Ramadhan setelah shalat tarawih dan witir di masjid? . Penjelasan ini sekaligus jawaban untuk pertanyaan yang sama atau mirip.

 

Begini, mayoritas para ulama fikih berpendapat bahwa  hukum mengerjakan shalat witir dua kali dalam satu malam adalah makruh. Hal ini berdasarkan hadits dimana Rasulullah Saw bersabda,

 

لاَ وِتْرَانِ فِي لَيْلَةٍ

 

Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (HR. Ahmad, Abu Daud, Nasa’i dan Tirmidzi)

 

Menurut ulama ahli hadits,termasuk Ibnu Hibban menyatakan bahwa hadits ini shahih. Selain itu para ulama juga menyebutkan bahwa makna hadits ini menunjukkan makruhnya dua kali shalat witir atau lebih dalam satu malam, karena mengulangi witir dalam satu malam merupakan ibadah atau shalat yang tidak disyariatkan atau dicontohkan Rasul.

 

Padahal yang namanya ibadah apalagi yang maghdah termasuk shalat maka tidak boleh beribadah kepada Allah, melainkan dengan syariat yang telah ditetapkan-Nya dan juga dicontohkan Rasul.”

 

Kemudian ada hadits yang menyebutkan tentang shalat witir sebagai penutup shalat malam. Hal ini seperti yang berbunyi,

 

اِجْعَلُوْا آخِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

 

Jadikanlah shalat witir sebagai penutup shalat malammu.” (Muttafaqun ‘alaihi)

 

Makna hadits ini mengarah kepada orang yang melakukan shalat malam sedangkan ia belum menjalankan shalat witir sebelumnya.

 

Lalu bagaimana jika sudah terbiasa Shalat Tahajud dan ingin tetap melaksanakan Tahajud di bulan Ramadhan padahal sudah tarawih?

 

BACA JUGA: Shalat Tarawih, Bolehkah Dikerjakan Sendiri Di Rumah ? 

 

Untuk  hal ini maka para ulama fikih menyarankan atau memberi solusi kalau mau shalat Tahajud khususnya di bulan Ramadhan maka jangan witir dulu. Caranya Anda tetap ikut shalat Tarawih di masjid namun tidak sampai shalat witir. Anda di rumah silakan shalat Tahajud kemudian tutup dengan shalat witir. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

Nah, terkait pembahasan bab shalat ini lebih detail berikut dalilnya, Anda dan mojang bujang sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat baik yang wajib maupun shalat sunnah berikut contoh-contohnya dan dalilnya yang insya Allah shahih. Wallahu’alam bishawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

960

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

 

(Visited 5,041 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment