Ini Lho Negara Dengan Waktu Puasa Terlama dan Tercepat di Dunia

 

PERCIKANIMAN.ID – – Saat ini semua muslim diseluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajibkan dilaksanakan setiap muslim yang telah memenuhi syarat.

 

Puasa sendiri dimaknai sebagai ibadah dimana seseorang menahan dari melakukan aktivitas yang bisa membatalkan puasa, seperti makan dan minum dan segala hal yang dapat membatalkan puasa yang dimulai dari subuh hingga masuk waktu magrib.

 

Secara umum kaum muslimin melakukan ibadah puasa disiang hari selama 10 jam hingga 12 jama dengan tidak makan dan minum. Namun demikian ada beberapa Negara dimana umat Islamnya menjalankan ibadah puasa lebih cepat bahkan ada yang sebaliknya lebih lama.

 

Beberapa negara di dunia mengalami masa puasa lebih lama atau lebih cepat, tergantung dari letak geografis wilayah negara tersebut. Ada pula beberapa negara dengan waktu puasa lebih pendek ketimbang tahun sebelumnya.

 

Durasi puasa bisa lebih pendek dari tahun sebelumnya karena Ramadan jatuh tepat sebelum musim panas tahun ini. Serupa dengan tahun lalu dan sejak 2016, mayoritas muslim yang berlokasi di Belahan Bumi Utara, akan berpuasa Ramadan selama musim semi.

 

Ini berarti bahwa jam puasa di belahan bumi utara tahun ini akan menjadi beberapa menit lebih pendek dari 2017.

 

 

Negara dengan Puasa Terlama

 

Muslim di beberapa wilayah di dunia, seperti Islandia dan muslim di Siberia akan menahan diri dari makan dan minum selama lebih dari 20 jam. Hal ini disebabkan di dua Negara ini waktu siangnya lebih lama dibanding waktu malamnya.

 

Negara dengan Puasa Tercepat

 

Sementara beberapa negara di belahan Bumi Selatan, seperti Indonesia dan Tanzania dan muslim yang tinggal di negara seperti Selandia Baru dan Argentina, saat ini mengalami musim gugur. Sehingga, jam puasa akan lebih pendek sekira 9 hingga lebih dari 10 jam.

 

BACA JUGA: Khasiat Kurma Bagi Tubuh Saat Makan Sahur dan Berbuka

 

Bila wilayah seperti Islandia merupakan negara dengan puasa terlama di dunia, maka negara-negara seperti Chile, Afrika Selatan, Australia serta Brasil ialah negara dengan puasa tersingkat.

 

 

Warga di Chile berpuasa Ramadan selama 10 jam 33 menit, begitu juga dengan Selandia Baru dengan durasi 11 jam 35 menit, serta Afrika Selatan dengan durasi 11 jam 45 menit. Sedangkan Australia dan Brasil dengan durasi puasa 11 jam 59 menit. [ ]

 

Sumber: aboutislam

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

860

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

(Visited 133 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment