Hukum Shalat Tarawih, Bolehkah Dilakukan Sendirian Di Rumah ?

 

Assalamualaikum, Pak Aam kalau sholat sunat tarawih di bulan Ramadhan apa boleh dilakukan sendirian di rumah? Bagaimana keutamaannya sendiri atau berjamaah? Terima kasih ( Santi via fb)

 

Wa’alaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat- sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Para ulama telah sepakat bahwa shalat tarawih atau qiyam Ramadhan hukumnya adalah sunah yang dianjurkan namun tidak diwajibkan.

 

Dalil tentang shalat Tarawih adalah sunnah atau tidak wajib, sudah ada di zaman Rasul dimana beliau shalat tarawih berjamaah bersama para shabat dan penduduk muslim waktu itu hanya dikerjakan selama 3 malam saja. Hal ini dapat kita simak dari hadits yang disampaikan sahabat Abu Dzar yang cukup panjang,

 

Kami berpuasa bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan ramadhan. Beliau tidak pernah mengimami shalat malam sama sekali, hingga ramadhan tinggal 7 hari. Pada H-7 beliau mengimami kami shalat malam, hingga berlalu sepertiga malam. Kemudian pada H-6, beliau tidak mengimami kami. Hingga pada malam H-5, beliau mengimami kami shalat malam hingga berlalu setengah malam. Kamipun meminta beliau, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita tambah shalat tarawih hingga akhir malam?’ Kemudian beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang shalat tarawih berjamaah bersama imam hingga selesai, maka dia mendapat pahala shalat tahajud semalam suntuk.’ Kemudian H-4, beliau tidak mengimami jamaah tarawih, hingga H-3, beliau kumpulkan semua istrinya dan para sahabat. Kemudian beliau mengimami kami hingga akhir malam, sampai kami khawatir tidak mendapatkan sahur. Selanjutnya, beliau tidak lagi mengimami kami hingga ramadhan berakhir.” (HR. Nasai dan  Ibnu Majah).

 

Para ahli hadits menegaskan, bahwa para sahabat pada beberapa malam mereka tidak shalat tarawih berjamaah bersama Rasul, meskipun bisa jadi mereka shalat tahajud di masjid. Ini berarti bahwa shalat Tarwaih boleh dikerjakan sendirian atau berjamaah.

 

Nah, bagaimana apakah shalat Tarawih harus dikerjakan berjamaah di masjid atau boleh sendirian di rumah? Dalam hal ini para ulama juga menegaskan bahwa shalat tarawih boleh dikerjakan sendiri di rumah tanpa berjamaah. Namun jika dikerjakan berjamaah di masjid juga tidak dilarang atau boleh.

 

BACA JUGA: Panduan Shalat Tarawih Sesuai Sunah

 

Dalam sejarahnya shalat tarawih berjamaah ini mulai dilaksanakan pada zaman Khalifah Umar bin Khatab dan setelahnya hingga sekarang sebagai bagian dari syiar Islam.

 

Lalu, apakah kaum wanita boleh mengerjakan shalat Tarawih berjamaah di masjid? Tentu saja boleh dan tidak ada larangan bagi kaum wanita untuk ikut shalat Tarawih berjamaah di masjid selama mengikuti adab shalat berjamaah dan tidak menimbulkan fitnah. Hal ini berdasarkan sabda Rasul,

 

Jika istri kalian meminta izin pada kalian untuk ke masjid (shalat berjamaah), maka izinkanlah mereka.” (HR. Muslim).

 

Kemudian lebih afdhol shalat sendirian di rumah atau berjamaah di masjid? Sebab hukumnya shalat sunnah, menurut hemat saya maka tergantung pada situasinya. Sekiranya keluarnya wanita ke masjid untuk shalat berjamaah khususnya tarawih dalam keadaan aman dan tidak menimbulkan fitnah maka boleh dikerjakan berjamaah di masjid.

 

Namun sekiranya dalam keadaan tidak aman, misalnya banyak kejahatan atau gangguan di malam hari dan bisa membahayakan khususnya bagi wanita maka tentu saja shalat tarawih lebih utama dikerjakan di rumah. Demikian juga jika kepergian atau keluarnya wanita tersebut meski ke masjid bisa menimbulkan fitnah yang tidak baik maka shalat tawarih di rumah itu lebih utama baginya.

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

Terkait dengan ibadah atau shalat-shalat sunnah termasuk shalat Tarawih ini, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNAT”. Didalamnya ada contoh dan penjelasannya serta dalil yang insya Allah shahih. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

870

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

(Visited 5,399 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment