Saat Sujud Tilawah, Haruskah Memakai Mukena?

Assalamualaikum. Pak Aam, saya suka membaca Alquran di rumah. Dalam beberapa kesempatan suka ketemu atau membaca ayat sajadah yang disunnahkan untuk sujud tilawah. Apakah dalam sujud tilah kita harus memakai mukena? Mohon penjelasannya. (Iim via fb )

 

 

Wa’alaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Perlu kita yakini setidaknya ada dua kewajiban seorang wanita yang telah baligh.

 

Pertama, seorang  wanita  yang telah baligh wajib menutup aurat ketika akan bertemu yang bukan muhkrim baik di rumah atau di luar rumah.

 

….Janganlah menampakkan auratnya, kecuali yang biasa terlihat. Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya dan janganlah menampakkan auratnya,…. ( QS.An Nur: 31)

 

Dalam sebuah hadits juga dikisahkan bahwa suatu hari Asma binti Abi Bakar masuk ke rumah Rasul dengan mengenakan pakaian yang tipis, maka Rasulullah berkata : “Wahai Asma, sesungguhnya wanita yang telah haid ( baligh) tidak diperkenankan untuk dilihat daripadanya kecuali ini dan ini, dengan mengisyaratkan wajah dan tepak tangan.” (HR Abu Daud)

 

 

Kedua, wanita wajib menutup aurat ketika hendak shalat.

Salah satu kesempurnaan dalam shalat dengan menutup aurat. Para ulama sepakat shalat yang tidak tidak menutup aurat atau auratnya terlihat maka ibada shalatnya tidak sah. Hal ini berdasarkan hadits,

 

Allah tidak menerima shalat wanita yang telah baligh, kecuali dengan memakai jilbab.” (HR. Ibnu Khuzaimah, oleh  Al-A’dzami dikatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

 

Jadi kaum wanita tetap wajib menutup aurat meskipun shalatnya di dalam rumah atau di dalam kamar sekalipun.

 

BACA JUGA: Doa Shalat Istiqarah, Dibaca Saat Shalat atau Diluar Shalat ? 

 

Dari keterangan tersebut dapat dipahami bahwa membaca Alquran khususnya bagi wanita tidak harus menutup aurat. Dengan demikian maka ketika ada ayat sajadah dan Anda hendak sujud tilawah maka tidak harus memakai mukena. Anda boleh langsung sujud dan tidak perlu memakai mukena.

 

Namun demikian sekali lagi, menutup aurat atau memakai jilbab ketika membaca Alquran khususnya di masjid atau tempat umum tentu lebih utama dengan memakai jilbab atau menutup aurat. Sebab membaca Alquran adalah salah satu bentuk ibadah maka sudah sepantasnya kita lakukan dengan memahami adab dan keutamannya. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

(Visited 568 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment