Agar Sehat, Hindari Aktivitas Ini Saat Menjelang Tidur

PERCIKANIMAN.ID  – – Tidur nyenyak adalah dambaan hampir semua orang. Tapi tahukah anda ternyata ada sejumlah kegiatan yang harus dihindari ketika mendekati waktu tidur.

 

 

Selain tidak boleh dilakukan karena alasan kesehatan, larangan tersebut juga demi menjaga kualitas tidur Anda. Dilansir dari Reader’s Digest, inilah kegiatan-kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan menjelang tidur.

 

  1. Makan banyak

 

Makan saat tengah malam bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Namun perlu diingat sistem pencernaan kita tidak boleh dipaksa bekerja keras di waktu tidur hanya karena anda tidak bisa mengontrol nafsu makan. Robert S. Rosenberg, praktisi tidur dan penulis The Doctor’s Guide to Sleep Solutions for Stress and Anxiety, menerangkan aktivitas pencernaan ada pada fase terendah saat kita tidur.

 

Mark Buchfurer selaku Direktur Medis di The Comperehensive Sleep Center Samaritan Hospital Los Angeles mengatakan jika anda merasa lapar menjelang tidur, makanlah dalam porsi yang sedikit. Mereka yang punya masalah kandung kemih atau prostat disarankan menghindari minum banyak setelah makan malam.

 

  1. Merokok

 

Kebiasaan merokok sudah dikenal luas punya efek buruk terhadap kesehatan. Karena dampak buruk inilah siapapun disarankan menghindari rokok saat akan tidur. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok akan menyulitkan seseorang tidur nyenyak.

“Nikotin menstimulasi produksi asetilkolin yang membuat orang tetap terjaga,” jelas Rosenberg.

 

  1. Menonton film horor

 

Menonton film sebagai pelepas penat di malam hari adalah ide yang baik. Namun hendaknya kita cermat memilih genre film yang akan ditonton menjelang tidur. Film horor atau thriller yang menampilkan adegan-adegan mengejutkan sebaiknya dihindari.

 

Film-film tersebut akan menaikkan hormon kortisol yang dapat memicu stres. Akibatnya setelah menonton film itu kita akan jadi susah tidur. “Satu jam sebelum tidur cobalah untuk tidak menonton film horor, laga, thriller, atau bermain gim,” saran Buchfuhrer. Menurutnya lebih baik menonton film-film menenangkan atau dokomenter saat menjelang waktu tidur.

 

  1. Menggunakan perangkat elektronik

 

Perangkat elektronik seperti komputer, laptop, ponsel, dan perangkat lain yang memancarkan sinar biru sebaiknya dijauhkan menjelang tidur. “Sinar biru yang mengarah ke retina akan menurunkan produksi melatonin yang berfungsi membuat kita tidur. Sinar biru tak hanya membuat kita susah tidur tapi juga membuat kita tetap mengantuk saat bangun di pagi hari,” kata Rosenberg.

 

Alih-alih mengoperasikan perangkat elektronik, lebih baik kita membaca buku, bermeditasi, atau berdoa menjelang tidur. Biasakan aktivitas ini selama tiga pekan dan anda akan menjadoi orang yang mudah tidur nyenyak walau tidak ditemani televisi.

 

 

Sementara itu bagi seorang muslim ada beberapa adab harus sebaiknya dilakukan menejelang tidur. Seperti dihimpun dari berbagai sumber berikut ini adab menjelasng tidur bagi muslim.

 

Pertama,tidak mengakhirkan tidur malam selepas shalat Isya’ kecuali dalam keadaan darurat seperti untuk mengulang (muraja’ah) ilmu atau adanya tamu atau menemani keluarga, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Barzah ra:

 

Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur malam sebelum (shalat Isya’) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” ( HR. Al-Bukhari dan Muslim )

 

Kedua , hendaknya tidur dalam keadaan sudah berwudhu. Wudhu sebelum tidur selain baik untuk kesehatan juga sesuai dengan anjuran pola hidup sehat seorang muslim. Ini juga merupakan ajaran dari Rasulullah Saw sebagaimana hadits:

 

Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu’ terlebih dahulu sebagaimana wudhu’mu untuk melakukan shalat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

Ketiga, hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Saw:

 

Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR.Bukhari dan Muslim )

 

Keempat, tidak tidur dengan tengkurap atau perut berada dibawah. Secara kesehatan sangat tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam ataupun tidur siang. Hal ini sesuai dengan yang dianjurkan Rasulullah Saw,

 

Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai oleh Allah Azza wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shahih)

 

BACA JUGA: Larangan Tidur Sebelum Shalat Isya ?

 

Kelima,dianjurkan membaca surat atau ayat dalam Alquran. Beberapa ulama berdasarkan hadits menganjurkan sebelum tidur membaca surat Al Ikhlas,Al Falaq dan An Nas atau ayat Kursi atau 3 ayat terakhir surat Al Baqarah. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Saw:

 

Barangsiapa yang membaca dua ayat tersebut pada malam hari maka dua ayat tersebut telah mencukupinya.” (HR. Al-Bukhari no. 5051 dan Muslim no. 807-808)

 

Keenam, berdoa sebelum tidur. Menurut kaum sufi tidur adalah setengah dari kematian. Hal ini ada benarnya mengingat tidur adalah keadaan hidup namun tidak sadar. Dalam beberapa kasus juga banyak kematian yang terjadi saat orang sedang tidur. Untuk itu alangkah baiknya jika sebelum tidur kita berdoa kepada Allah agar esok pagi dibangunkan dalam keadaan sehat.

 

Demikian anjuran atau adab sebelum tidur baik dari sisi medis maupun sunnah Rasulullah Saw yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidur adalah istirahat terbaik maka dengan menjauhi larangan dan mengerjakan yang sunnah akan menjadi ibadah. Semoga bermanfaat. [ ]

5

Red: tami

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

 

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

 

 

(Visited 173 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment