Arti Cantik Dalam Pandangan Islam

PERCIKANIMAN.ID – – Semua wanita tentu ingin terlihat bahkan disebut cantik. Ini sudah menjadi kodratnya bahkan untuk mempertahkan cantik sendiri seorang wanita harus rela melakukan dan mengeluarkan perawatan yang mahal.

 

 

Namun dalam konteks kecantikan, setiap wanita harus memperhatikan 3 aspek, yakni beauty, behavior, dan brain. Gambaran putri seperti ini memang menjadi dambaan semua wanita. Namun ingat, sebagai muslimah, kita harus menyelaraskannya dengan nilai-nilai Islam.

 

  1. Beauty alias kecantikan.

 

Kecantikan tak melulu berkonotasi dengan kesempurnaan fisik sebagaimana dipahami masyarakat kebanyakan. Cantik tak selalu identik dengan wajah yang mulus tanpa jerawat, kulit kuning, bodi langsing, dan hidung bangir. Sebab, toh semua orang punya standar yang berbeda dalam menilai kecantikan fisik. Ada yang menilai kecantikan dari wajahnya saja, ada yang menilai dari bodi-nya, dan malah ada yang menilai dari hatinya. Ada yang menilai A cantik, tetapi orang lain bilang biasa-biasa aja. Jadi, kecantikan itu susah ditentukan standar bakunya.

 

  1. Behavior alias akhlak mulia

 

Demikian pula behavior, harus diselaraskan dengan perintah dan larangan Allah Swt. Seorang muslimah harus senantiasa bertingkah laku Islami. Menjaga lidah saat bicara, menjaga pergaulan, dan lain-lain. Muslimah juga pasti menjaga kehormatannya, tidak menjual murah senyumannya kepada sembarang orang, dan selalu menjaga auratnya. Tentu saja perilaku ini sangat bergantung pada pemahamannya terhadap aturan Allah Swt.

 

  1. Brain alias kecerdasan

 

Terakhir, brain alias kecerdasan. Sesungguhnya orang yang cerdas adalah orang yang memanfaatkan akalnya untuk mencari kebenaran dan mengkaji hukum-hukum Allah Swt. agar dirinya tidak terjebak ke dalam jurang maksiat.

 

Muslimah yang cerdas adalah yang paham berbagai solusi problematika kaumnya. Ia paham bagaimana harus bergaul yang baik, berpakaian sempurna, berbakti pada orangtua, dan sebagainya. Tentu saja pemahamannya itu akan ia peroleh jika ia bersungguh-sungguh dan terus-menerus mengasah brain-nya dengan menuntut ilmu, terutama ilmu-ilmu yang berkaitan dengan aplikasi kehidupannya sehari-hari.

 

Begitulah. Cantik sesungguhnya adalah keseluruhan pembawaan yang terpancar dari diri seseorang. Mulai fisiknya, perilakunya, pola pikirnya, pola sikapnya, dan kecerdasannya. Dan semua itu harus distandardisasi dengan nilai-nilai Islam agar mendapat pengakuan sebagai muslimah sejati.

 

Jika tidak, kita tidak akan dinilai ‘cantik’ di mata Allah Swt. Barangkali inilah inti dari kecantikan dalam pandangan Islam. Begitu sederhana, namun sangat bermakna.  [ ]

5

Red: dini

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

(Visited 105 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment