Apakah Keputihan Membatalkan Wudhu Dan Shalat ? Ini Penjelasannya

muslimah, sendiri

 

Assalamualaikum. Pak ustadz, saya ingin menanyakan beberapa hal berikut ini:

  1. Apabila kita jama takhir, apakah shalat Ashar dulu atau Dzuhur dulu?
  2. Apakah keluar keputihan pada wanita membatalkan wudhu/shalat?

Terima kasih. ( Imas via email)

 

 

Waalaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian. Terkait dengan pernyataan Anda ini,

 

Pertama terdapat dua pendapat mengenai jama takhir ini. Sebagian ulama mengatakan bahwa apabila menjamak takhir shalat, maka yang didahulukan adalah waktu bersangkutan (shahibul waqti). Misalnya, kalau Anda menjamak shalat Dzuhur dengan Ashar, maka Ashar dulu dikerjakan kemudian Dzuhur.

 

Sementara sebagian ulama yang lain mengatakan, jamak takhir berdasarkan urutan waktu shalat. Jadi, ketika Anda menjamak shalat Dzuhur dan Ashar maka yang didahulukan adalah Dzuhur kemudian mengerjakan. Sejauh ini, kedua pendapat tersebut boleh-boleh saja diamalkan.

 

 

Hanya secara logika, saya pribadi lebih setuju pada urutan waktu. Karena dengan jamak setiap shalat yang dijama’ tersebut memiliki waktu lebih panjang. Waktu Dzuhur bisa memanjang sampai waktu Ashar dan sebaliknya waktu Ashar bisa lebih awal, semenjak dari waktu Dzuhur.

 

 

Kemudian yang kedua terkait dengan keputihan bagi wanita apakah membatalkan wudhu atau shalat? Sebagaimana dijelaskan para ulama bahwa tidak semua yang keluar dari alat kelamin, khususnya wanita, membatalkan wudhu/shalat.

 

Terdapat perbedaan pendapat ulama terkait pembahasan hal ini:

  • Apakah keputihan najis atau tidak? Pendapat terkuat tidak najis
  • Jika keluar apakah membatalkan wudhu atau tidak? Pendapat terkuat tidak membatalkan wudhu

 

Dengan demikian keputihan tidak menjadi bagian dari yang membatalkan shalat dan keputihannya pun tidak termasuk najis. Hanya saja secara etika, tidak layak kalau pakaian yang dikenakan saat shalat terdapat noda.

 

Jika masih ada yang lain, alangkah lebih baik jika mengenakan pakaian yang bersih. Karena ketika shalat, pada hakekatnya kita sedang menghadap Allah Swt.

 

Nah, terkait dengan tata cara bersuci wudhu atau tayamum sebelum shalat,Anda dan mojang bujang sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU”. Di dalamnya ada pembahasan terkait pelaksanaan bersuci baik wudhu maupun tayamum hingga pelaksanaan shalat berikut amalan-amalan apa saja, yang dijelaskan secara detail dengan dalil yang shahih. Wallahu a’lam. [ ]

5

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

975

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

(Visited 1,256 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment